Penjelasan Layar Dynamic AMOLED, Ini HP Flagship yang Memakainya
Samsung Galaxy S23 dan S23+ memakai layar Dynamic AMOLED 2X. [Samsung]
16:24
25 Maret 2024

Penjelasan Layar Dynamic AMOLED, Ini HP Flagship yang Memakainya

Terdapat berbagai macam jenis layar di mana salah satunya merupakan Dynamic AMOLED. Berikut terdapat penjelasan mengenai layar Dynamic AMOLED serta deretan HP flagship yang memakainya.

Pada industri smartphone, kita sering mendengarkan layar berjenis LCD, TFT LCD, IPS LCD, PLS TFT, OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, Retina Display, E4 Dynamic AMOLED, E5 AMOLED, hingga E6 Dynamic AMOLED.

Secara garis besar, smartphone di kelas entry-level hingga midrange terjangkau biasanya mengusung layar IPS LCD dan PLS TFT. Sementara HP midrange hingga flagship kebanyakan mengandalkan layar AMOLED hingga E6 Dynamic AMOLED.

Namun ada sedikit HP entry-level yang sudah memakai layar AMOLED. LCD (Liquid Crystal Display) merupakan tipe layar dasar yang digunakan pada berbagai ponsel pintar pada masa pemasaran awal.

Smartphone terjangkau kini kerap mengandalkan layar In-Plane Switching (IPS) LCD. Layar ini mempunyai kualitas di atas TFT dengan sudut pandang dan efisiensi daya lebih baik. Sebelum membahas AMOLED dan Dynamic AMOLED, kita harus mengetahui tentang OLED. Teknologi Organic Light Emitting Diode atau OLED memungkinkan panel diterangi dengan dioda pemancar cahaya untuk setiap piksel.

Layar OLED memakai senyawa organik yang bisa menyala sendiri ketika dialiri arus listrik, tanpa memerlukan lampu latar seperti IPS LCD. Piksel hitam pada layar OLED sangat pekat dan tidak memancarkan cahaya sama sekali.

Soal keunggulan, layar OLED menampilkan tingkat kontras yang lebih tinggi dibanding panel IPS. Terkait kekurangan, layar OLED rentan terkena burn-in dibanding IPS LCD.

Apa Itu Dynamic AMOLED?

Samsung Galaxy S10. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]Samsung Galaxy S10. [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

AMOLED mempunyai kepanjangan sebagai Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Dikutip dari laman resmi Samsung dan 4Phones, perbedaan utama layar OLED adalah AMOLED memiliki lapisan tengah organik aktif. Di atas kertas, teknologi ini mengonsumsi lebih sedikit energi dan lebih fleksibel.

Meskipun Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) mungkin terdengar rumit, ini hanya mengacu pada teknologi yang digunakan untuk menerangi layar ponsel Anda.

Bagian AM dari AMOLED mewakili cara kerja elektronik di balik layar yang memungkinkan Anda melihat dan berinteraksi dengan gambar di ponsel Anda. Bagian OLED dari AMOLED berarti layar menggunakan jutaan LED mikroskopis (lampu kecil) untuk mendefinisikan ulang warna yang Anda lihat di layar.

Panel AMOLED menawarkan warna realistis yang sensasional dan tingkat kejernihan warna lebih baik. Ini berbeda dari layar LCD yang mempunyai lampu latar. LCD memiliki rasion kontras lebih rendah dan gambar yang kurang realistis dibanding AMOLED.

Dynamic AMOLED adalah generasi berikutnya dari teknologi layar ponsel Super AMOLED. Debut pertama pada 2019, Dynamic AMOLED merupakan layar Super AMOLED dengan tambahan sertifikasi HDR10+ untuk kecerahan, warna, dan kontras yang lebih baik.

Layar Dynamic AMOLED disertifikasi oleh VDE Jerman untuk 100 persen Mobile Color Volume dalam rentang warna DCi-P3. Ini memastikan bahwa Anda akan selalu menikmati warna-warna cerah terlepas dari perbedaan tingkat kecerahan.

Cahaya biru berbahaya yang dipancarkan dari layar ponsel juga semakin dikurangi dengan layar Dynamic AMOLED. Deretan HP flagship yang menggunakan layar Dynamic AMOLED adalah Samsung Galaxy S10, Galaxy Note10, Note10+ 5G, dan Galaxy Z Flip 5G.

Apa Itu Layar Dynamic AMOLED 2X?

Samsung Galaxy S23 Ultra. [Samsung]Samsung Galaxy S23 Ultra. [Samsung]

Dynamic AMOLED 2X adalah generasi terbaru dan terhebat dari teknologi Dynamic AMOLED. Membawa Dynamic AMOLED ke tingkat lebih tinggi, ia menawarkan teknologi layar ponsel pintar terbaik. Pemetaan Nada Dinamis mengoptimalkan warna dan kontras untuk memberikan gamut warna DCI-P3 100 persen akurat. Penamaan '2X' berkaitan dengan Hz yang ditingkatkan dari 60 Hz ke 120 Hz.

Deretan HP Flagship yang menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X yaitu Samsung Galaxy S21 series, Samsung Galaxy S22 series, Samsung Galaxy S23 series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, dan Galaxy Z Fold5.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #penjelasan #layar #dynamic #amoled #flagship #yang #memakainya

KOMENTAR