Honda Siapkan 'Motocompo Reborn' yang Muat di Bagasi Mobil Seperti Zaman Dulu, Nih Buktinya Kalau Nggak Percaya
Paten Honda memperlihatkan rencana mereka untuk melakukan reborn pada skuter Motocompo. (Visordown).
14:08
24 September 2024

Honda Siapkan 'Motocompo Reborn' yang Muat di Bagasi Mobil Seperti Zaman Dulu, Nih Buktinya Kalau Nggak Percaya

Ingat kalau zaman dulu, era tahun 80-an, Honda pernah mengeluarkan mobil yang dirilis sepaket dengan sepeda motor di bagasi belakangnya? Motor tersebut adalah Honda Motocompo. Motornya bahkan jauh lebih populer dari mobilnya, sekarang jadi incaran kolektor.

Kini, puluhan tahun setelahnya, motor Honda Motocompo berpotensi reborn alias bangkit kembali. Sebab Honda dilaporkan telah mengajukan paten yang cukup tidak biasa musim panas ini, yang mengambil inspirasi dari skuter kota Motocompo retro, dan memasangkannya dengan mobil listrik.

Motocompo, bagi mereka yang terlalu muda untuk mengingatnya, adalah skuter lipat unik yang dibuat oleh Honda antara tahun 1981 dan 1983. Pada dasarnya, skuter ini dijual sebagai aksesori dan dirancang sedemikian rupa sehingga Anda dapat melipat stang dan jok, lalu menyimpannya di bagasi mobil 'Kei Car' mungil seperti Honda City dan Civic.

Seperti sudah disinggung di atas, motor tersebut kemudian menggemparkan dunia, tetapi seperti banyak motor yang mengalami kecelakaan dan terbakar saat diluncurkan, Motocompo orisinal kini banyak dicari dengan harga jual yang gelap, bahkan di Indonesia.

Dilansir dari Visordown, paten yang baru ditemukan, tertanggal Juni 2024, menunjukkan raksasa Jepang itu mungkin akan meninjau kembali konsep tersebut.

Seperti motor aslinya, paten yang dimaksud memperlihatkan skuter mikro bertenaga bensin, dengan jok dan setang yang dapat dilipat, sehingga dapat disimpan di bagasi mobil kecil.

Yang membuat paten tersebut semakin menarik adalah gambar yang ditampilkan pada paten tersebut memperlihatkan Motocompo era 1980-an, dan bahkan menggambarkannya sedang duduk di bagasi mobil yang tampak seperti Honda Civic MkII.

Yang membedakan motor tersebut dari yang asli adalah, selain berfungsi sebagai skuter perkotaan yang murah dan ringan setelah mobil diparkir, skuter tersebut sebenarnya dapat menjadi pembangkit tenaga listrik yang dapat memperluas jangkauan dan mengisi daya mobil listrik.

Singkatnya, skuter saat diletakkan di bagasi mobil dapat dihubungkan ke soket pengisian daya di kompartemen, dan mesin skuter kemudian dapat disambungkan ke generator yang kemudian mengisi ulang baterai mobil. Menarik untuk ditunggu.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #honda #siapkan #motocompo #reborn #yang #muat #bagasi #mobil #seperti #zaman #dulu #buktinya #kalau #nggak #percaya

KOMENTAR