Akhir Tragis Pemain Muslim Ilkay Gundogan di Barcelona: Muncul Tudingan Seperti Ini
Gelandang baru Barcelona, Ilkay Gundogan. [doc. FCB]
21:36
19 Agustus 2024

Akhir Tragis Pemain Muslim Ilkay Gundogan di Barcelona: Muncul Tudingan Seperti Ini

Kabar mengejutkan datang dari pemain muslim asal Jerman, Ilkay Gundogan. Klub Barcelona dan Gundogan dikabarkan telah sama-sama setuju untuk mengakhiri ikatan kerja sama.

Melansir dari salah satu pemberitaan media Spanyol, Cadenaser, Senin (19/8), Gundogan dikabarkan akan hengkang dari Barcelona pada akhir Agustus 2024.

"Klub telah sepakat bahwa pemain Jerman itu akan hengkang pada Agustus ini untuk memberi ruang pada aturan batas gaji pemain. Sekarang, Barca sedang menunggu tawaran yang cocok untuk Gundogan," tulis media Spanyol itu.

Gelandang Timnas Jerman, Ilkay Gundogan (kiri) ambil bagian dalam sesi latihan jelang pertandingan pembuka Euro 2024 kontra Skotlandia di Munich, Jerman. [Tobias SCHWARZ / AFP]Gelandang Timnas Jerman, Ilkay Gundogan (kiri) ambil bagian dalam sesi latihan jelang pertandingan pembuka Euro 2024 kontra Skotlandia di Munich, Jerman. [Tobias SCHWARZ / AFP]

Namun muncul tudingan tak sedap terkait keputusan Barcelona dan Gundogan mengakhiri ikatan kerja sama. Salah satu pengguna X bercentang biru, @AnabellaMarvy menuliskan bahwa ada kampanye hitam dari sejumlah media Spanyol agar Gundogan tinggalkan Barca.

Baca Juga: Hasil Liga Spanyol: Sevilla Ditahan Las Palmas, Celta Vigo Dibungkam Alaves

"Gundogan has agreed to leave barcelona. The Spanish media are just so disgusting.

The started a campaign against gundogan, they never liked him in the first place and now they have succeeded in pushing him out," tulis akun tersebut.

Di sisi lain, sejumlah pemberitaan media Spanyol memang menyoroti perihal faktor X berakhirnya hubungan Gundogan di Blaugrana.

Salah satu faktor X itu ialah masalah gaji. Eks Manchester City itu memang termasuk dalam 5 pemain Barcelona dengan gaji tertinggi.

Ilkay Gundogan dikabarkan menerima gaji sebesar 10 juta euro atau Rp164,2 miliar.

Baca Juga: Kylian Mbappe 'Ancam' Barcelona Cs usai Bantu Real Madrid Juara Piala Super UEFA

"Hengkangnya Gundogan akan membuka pintu pendaftaran bagi pemain seperti Dani Olmo yang tidak dipanggil di pekan pertama melawan Valencia. Faktanya, pekan ini dijadwalkan akan ada pertemuan antara Barca dan otoritas LaLiga membicarakan batas gaji," ulas salah satu media Spanyol.

Sebelumnya, pelatih Barcelona Hansi Flick membantah bahwa Gundogan akan hengkang.

"Saya sangat menghargainya sebagai pemain dan individu. Saya sering berbicara dengannya, kami memiliki hubungan yang baik dan saya sangat mengenalnya. Saya yakin dia akan bertahan (di Barcelona)," kata Flick yang dilansir The New York Times.

Gundogan sendiri bergabung dari Manchester City musim lalu. Kontraknya kini hanya tersisa kurang dari satu tahun, tetapi sejauh ini belum ada pembicaraan untuk memperpanjang kontrak sang pemain.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #akhir #tragis #pemain #muslim #ilkay #gundogan #barcelona #muncul #tudingan #seperti

KOMENTAR