Dominasi Ducati di Austria, Pecco Bagnaia Incar Kemenangan Ketiga Berturut-turut di Red Bull Ring
Valentino Rossi bersama dengan anak didiknya Francesco Bagnaia di garasi Ducati Lenovo. 
08:10
18 Agustus 2024

Dominasi Ducati di Austria, Pecco Bagnaia Incar Kemenangan Ketiga Berturut-turut di Red Bull Ring

Juara dunia dua kali Francesco Bagnaia menuju MotoGP Austria akhir pekan ini dengan target mencetak tiga kemenangan beruntun untuk mempertahankan dominasi Ducati di sirkuit RedBullRing.

Balapan utama seri ini akan disiarkan secara langsung di Trans7 pada Minggu (18/8) Pukul 19:00 WIB.

Babak kedua musim ini dilanjutkan untuk balapan ke-11 dari 20 balapan.

Pebalap yang akrab disapa Pecco itu hanya terpaut tiga poin dari Jorge Martin di klasemen pebalap MotoGP.

Dan dalam jelang balapan di Austria ini, mantan rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini, kini duduk di posisi ketiga, terpaut 49 poin, setelah dua kali menang gemilang di Silverstone lima minggu lalu.

Ducati memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak Bastianini untuk tahun 2025. Dan pada bulan Juni mereka memutuskan untuk mengabaikan Jorge Martin, yang membalap untuk tim satelit mereka, Pramac, dan memilih Marc Marquez untuk menggantikan pebalap Italia itu yang akan bergabung dengan KTM tahun depan.

Marquez, mantan juara enam kali bersama Honda, telah bangkit kembali sejak bergabung dengan tim Gresini Ducati musim ini setelah beberapa musim dirusak oleh berbagai cedera dan motor yang tidak berfungsi dengan baik.

Bagnaia memberikan jawaban jujur ​​saat ditanya soal kehadiran pebalap Spanyol itu di separuh garasi Ducati lainnya pada 2025.

"Saya pikir itu bisa jadi sangat bagus, atau malah menjadi bencana," ujarnya sambil tertawa.

"Bisa jadi bencana kalau kami mulai berteriak atau mulai berdiskusi, tapi kami berdua sangat cerdas dan dia akan beradaptasi dengan sempurna." katanya tentang rekan setimnya.

Setelah keduanya berjabat tangan, Marquez mengatakan ia berharap hubungan keduanya di dalam garasi akan baik-baik saja. Ia menambahkan: "Saya pikir persaingan (antar tim) meningkatkan level para pebalap.

"Saya ingin berada di level yang bagus, dengan begitu saya bisa belajar darinya, terutama karena dia adalah pembalap Ducati papan atas."

Marquez memiliki banyak pengalaman membalap bersama para juara dunia seperti Dani Pedrosa (dalam kategori 125cc yang dihentikan), Jorge Lorenzo, dan Joao Mir, saat ia masih di Honda.

"Anda dapat belajar dari mereka dan mereka dapat belajar dari Anda," katanya.

"Tetapi saya rasa tahun depan saya perlu belajar lebih banyak dari Pecco karena dia adalah pebalap tercepat di luar sana."

Martin, yang akan membalap untuk Aprilia musim depan, akan berusaha keras untuk menunjukkan kepada Ducati apa yang mereka lewatkan jika tidak mengontraknya dengan akhir pekan yang kuat di sirkuit tempat ia meraih kemenangan MotoGP pertamanya pada tahun 2021.

"Yang pasti sirkuit ini sangat bagus untuk Ducati. Memang akan sulit, tetapi saya menjalani akhir pekan yang baik di Silverstone," kata pemimpin seri tersebut.

Bagnaia, pemenang di Spielberg pada tahun 2022 dan 2023, menilai sirkuit tersebut sebagai "salah satu trek terbaik untuk sepeda motor kami."

Mengenai pertarungan ketat dengan Martin, ia berkata: "Memimpin kejuaraan sekarang bukanlah hal yang penting - ini seperti memulai musim dari awal lagi, kami masih harus menjalani 10 balapan dan hanya meraih keunggulan tiga poin."

Dalam sesi latihan bebas, ada pendatang baru Pedro Acosta, yang mengalami kecelakaan dahsyat dengan kecepatan tinggi 300 km/jam dalam latihan pagi saat kehilangan keseimbangan pada sepeda motor GasGaS-nya.

Setelah meluncur di sepanjang lintasan di belakang sepeda motornya, pebalap Spanyol itu tampak terguncang tetapi tidak terluka.


Francesco Bagnaia Unggul saat Sesi Latihan Jumat

Francesco Bagnaia membuktikan dirinya sebagai salah satu unggulan pada MotoGP Austria lewat penampilan gemilangnya dalam latihan hari Jumat.

Juara dunia dua kali Ducati menikmati sirkuit Red Bull Ring, menang di Spielberg pada tahun 2022 dan 2023.

Dan ia berharap dapat mencetak tiga kemenangan beruntun berdasarkan bukti putaran tercepat 1 menit 28.508 detik pada sesi kedua.

Hal itu mengangkat pebalap Italia itu ke puncak catatan waktu, mengungguli Franco Morbidelli yang mengendarai motor satelit Ducati Prima Parmac dengan selisih 0,281 detik.

Rekan setim Morbidelli, Jorge Martin, yang unggul atas Bagnaia dengan hanya tiga poin di klasemen kejuaraan, berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 0,319 detik.

Bagnaia, yang merasa betah di salah satu sirkuit favoritnya, mengirimkan peringatan dini bahwa ia serius setelah jeda pertengahan musim MotoGP.

Marc Marquez, yang akan bergabung dengannya di garasi pabrik Ducati musim depan, berada di posisi keempat dengan motor satelit Ducati Gresini miliknya, di depan Brad Binder dari KTM, satu-satunya pembalap yang mematahkan dominasi total Ducati di Austria, di mana pembalap Afrika Selatan itu menang pada tahun 2021. (mba)

DIRECT POINTS

- Francesco Bagnaia merasa Silverstone adalah salah satu trek favorit

- Dia akan berusaha meraih kemenangan kelima berturut-turut di sana

- Tata letak Sirkuit Silverstone menurutnya fantastis

Daftar Pemenang MotoGP Austria (2018-2023)

2023 Francesco Bagnaia

2022 Francesco Bagnaia

2021 Brad Binder

2020 Andrea Dovizioso

2019 Andrea Dovizioso

2018 Jorge Lorenzo

Klasemen Sementara Pebalap

1. Jorge Martin 241

2. Pecco Bagnaia 238

3. Enea Bastianini 192

4. Marc Marquez 179

5. Pedro Acosta 142

6. Maverick Vinales 130

7. Brad Binder 114

8. Fabio di Giannantonio 104

9. Aleix Espargaro 99

10. Alex Marquez 92

Tag:  #dominasi #ducati #austria #pecco #bagnaia #incar #kemenangan #ketiga #berturut #turut #bull #ring

KOMENTAR