Mauresmo Hinoke Resmi Tak Bisa Ikut TC Timnas Indonesia U-20 di Korea! Ini Alasan Indra Sjafri
Mauresmo Hinoke dikabarkan masih abu-abu untuk diproses naturalisasi. (Instagram/@tournoimrevello)
09:54
17 Agustus 2024

Mauresmo Hinoke Resmi Tak Bisa Ikut TC Timnas Indonesia U-20 di Korea! Ini Alasan Indra Sjafri

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri mengonfirmasi tiga calon pemain naturalisasi yakni Tim Geypens, Dion Markx dan Mauresmo Hinoke tak akan ikut training camp (TC) di Korea Selatan pada 19 Agustus hingga 2 September 2024.

Menurut Indra Sjafri, TC di Korea Selatan akan difokuskan untuk menguji coba para pemain proyeksni Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang akan bergulir pada 21-29 September 2024.

Di sisi lain, Mauresmo Hinoke dan kawan-kawan sejauh ini masih menjalani proses naturalisasi. Situasi itu membuat ketiganya diragukan untuk bisa membela Timnas Indonesia pada September.

Kondisi itu membuat Indra Sjafri memastikan tak akan membawa tiga pemain berdarah Belanda tersebut ke Korea Selatan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Full Senyum! Australia Hadapi Masalah Serius Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Tidak bisa [membawa pemain keturunan ke TC di Korea]. Karena kami ingin memanfaatkan uji coba di Korea Selatan untuk uji coba pemain [jelang] kualifikasi," kata Indra Sjafri saat ditemui awak media termasuk Suara.com di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

"Beda dengan Toulon Cup 2024 yang kami akomodir [mereka] untuk bahan evaluasi sebelum kita ajukan [naturalisasi] ke PSSI."

Pemain Timnas Indonesia, Mauresmo Hinoke yang kecil kemungkinan menyandang status WNI. (Instagram/@hinoke.mauresmo)Pemain Timnas Indonesia, Mauresmo Hinoke yang kecil kemungkinan menyandang status WNI. (Instagram/@hinoke.mauresmo)

Khusus Mauresmo Hinoke, terdapat kabar bahwa sang pemain tidak eligable dengan aturan FIFA untuk menjalani proses naturalisasi.

Kabar itu pertama kali disampaikan pengamat sepak bola Indonesia, Bung Binder. Dia menyebut garis keturunan Indonesia Hinoke berasal dari generasi ketiga.

Padahal, FIFA disebut hanya menganggap seorang pemain punya darah negara tertentu dari garis keturunan kakek atau nenek alias maksimal generasi kedua.

Baca Juga: Sandy Walsh Menikah, Bangga Pakai Baju Adat Indonesia

Hinoke merupakan pemain tim utama FC Dordrecht. Pemain berusia 19 tahun itu berposisi sebagai striker dan sudah sempat membela Timnas Indonesia U-19 dalam ajang tak resmi, Toulon Cup 2024 pada Juni lalu.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #mauresmo #hinoke #resmi #bisa #ikut #timnas #indonesia #korea #alasan #indra #sjafri

KOMENTAR