Shin Tae-yong Bongkar Alasan Kembali Tepikan Elkan Baggott Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) tengah berbicara dengan bek berdarah Indonesia-Inggris, Elkan Baggott. [Instagram/@PSSI]
16:48
15 Agustus 2024

Shin Tae-yong Bongkar Alasan Kembali Tepikan Elkan Baggott Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji menyebut Elkan Baggott sejauh ini tak masuk datar pemain yang dipanggil Timnas Indonesia untuk laga kontra Arab Saudi dan Australia. Shin Tae-yong disebutnya punya alasan tersendiri.

Timnas Indonesia tengah bersiap untuk menghadapi dua laga perdana Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 5 dan 10 September mendatang.

Sumardji mengungkapkan pelatih asal Korea Selatan itu akan memanggil 26 pemain untuk dua laga penting tersebut.

Namun, dari daftar yang ada, Sumardji menyebut tidak ada nama Elkan Baggott di dalamnya. Hal itu mengisyaratkan bahwa Shin Tae-yong bakal kembali menepikan bek berusia 21 tahun tersebut.

Baca Juga: Pekan Ini Abroad Timnas Indonesia Siap Tempur! Jadwal Pertandingan Ragnar Oratmangoen, Shayne Pattynama Hingga Nathan

Elkan Baggott sebelumnya sudah tidak dipanggil Shin Tae-yong dalam dua laga terakhir Timnas Indonesia.

Bek berdarah Indonesia-Inggris ditepikan saat Garuda menjamu Irak dan Filipina dalam dua laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni lalu.

Terdapat isu yang menyebut hubungan Elkan Baggott dan Shin Tae-yong retak setelah sang pemain menolak panggilan Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi playoff Olimpiade 2024 pada Mei lalu.

Media Inggris berikan pujian terhadap debut Elkan Baggott yang apik di Blackpool FC. (X/@BlackpoolFC)Media Inggris berikan pujian terhadap debut Elkan Baggott yang apik di Blackpool FC. (X/@BlackpoolFC)

Meski demikian, Sumardji menjelaskan bahwa keputusan Shin Tae-yong tidak menyertakan Elkan Baggott murni berdasarkan aspek taktikal dan kebutuhan tim.

"Alasannya menyesuaikan kebutuhan tim pada masing-masing posisi," kata Sumardji kepada Suara.com, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga: Kelewatan Kalau Gak! 3 Hal Ini Cukup Jadi Alasan Shin Tae-yong Ajak Elkan Baggott ke Timnas Indonesia Lawan Arab Saudi

Elkan Baggott diketahui menolak panggilan untuk menghadapi Guinea U-23 di laga playoff Olimpiade Paris 2024 pada 9 Mei 2024 lalu.

Saat itu, Timnas Indonesia sangat membutuhkan tambahan pemain di lini belakang setelah Justin Hubner ditarik kembali oleh timnya, Cerezo Osaka.

Alhasil, Timnas Indonesia U-23 pada akhirnya takluk 0-1 dari Guinea U-23 di babak play-off Olimpiade Paris 2024. Mimpi untuk tampil di multievent olahraga terakbar dunia pun pupus.

Shin Tae-yong sempat mengisyaratkan tak senang dengan sikap Elkan Baggott dengan meminta jurnalis untuk menanyakan sendiri alasan sang pemain tak memenuhi panggilannya saat itu.

"Masalah Elkan mungkin langsung tanyakan saja kepada Elkan," kata STY, Selasa (28/5/2024).

"Mungkin Elkan yang lebih tahu (masalah itu)," ketusnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #bongkar #alasan #kembali #tepikan #elkan #baggott #jelang #timnas #indonesia #arab #saudi

KOMENTAR