Bersatu Kejar Timnas Indonesia, Vietnam-Thailand Malah Diolok-olok Legenda Rusia
Para pemain timnas Thailand memegang trofi Piala AFF usai menjuarai ajang tersebut pada edisi 2022 lalu. [IG/@changsuek]
15:06
13 Agustus 2024

Bersatu Kejar Timnas Indonesia, Vietnam-Thailand Malah Diolok-olok Legenda Rusia

Usaha Vietnam dan Thailand untuk meningkatkan performa sekaligus ranking dunia pada FIFA Matchday September 2024 justru mendapat olok-olok dari legenda Rusia. Mereka dianggap tim medioker yang seharusnya tak pantas jadi lawan Beruang Merah.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) diketahui mengundang Thailand dan Rusia untuk mengikuti turnamen persahabatan yang bergulir selama FIFA Matchday September 2024.

Vietnam dan Thailand diketahui gagal mengikuti langkah Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN) yang melangkah ke fase itu dan bakal mengisi FIFA Matchday September dengan laga kompetitif.

Baca Juga: Respon Stefano Lilipaly Usai 'Meledak' di Hadapan Yeom Ki-hun, Modal Comeback Timnas Indonesia?

Situasi itu membuat Vietnam putar otak untuk tetap menghadapi lawan tangguh kendati cuma bertajuk uji coba pada FIFA Matchday September.

Rusia disebut setuju untuk menjadi lawan Vietnam dan Thailand. Hal itu nyatanya mengundang komentar sinis dari legenda tim berjuluk Beruang Merah.

Aleksandr Mostovoi dikutip dari Soviet Sport, menganggap rendah Vietnam dan Thailand dengan menilai kedua negara tak pantas untuk melawan tim besar sekelas Rusia.

"Saya merasa lucu ketika mendengar nama-nama tim ini (Vietnam dan Thailand)," kata Aleksandr Mostovoi dikutip dari TheThao247, Selasa (13/8/2024).

"Pertandingan-pertandingan ini tidak berarti apa-apa."

Baca Juga: 3 Pemain Keturunan Baru Siap Bela Timnas Indonesia U-16, Peluang Balas Dendam ke Australia Kian Terbuka?

"Anda bisa bermain dengan siapa saja, tetapi Anda harus menghargai diri sendiri, bahkan jika Anda sedang disanksi oleh FIFA," tambah eks pemain Spartak Moskow itu.

Timnas Indonesia saat hadapi Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)Timnas Indonesia saat hadapi Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)

Merujuk laman resmi FIFA, Vietnam dan Thailand saat ini menduduki peringkat 115 dan 101 dunia. Posisi keduanya terpaut jauh dari Rusia di urutan ke-33.

Merujuk hal itu, pernyataan Mostovoi cukup masuk akal lantaran Rusia dinilai tak akan mendapatkan perlawanan berarti dari Vietnam dan Thailand.

Namun, dari sisi Vietnam dan Thailand sendiri, laga menghadapi Rusia akan sangat bermanfaat. Selain mendapat lawan tangguh, kemenangan bakal mendongrak Ranking FIFA mereka untuk menjauh dari Timnas Indonesia.

Indonesia, yang belakangan tampil lebih superior dibanding Vietnam dan Thailand, merujuk keberhasilan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, untuk sementara menduduki urutan 133 dunia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bersatu #kejar #timnas #indonesia #vietnam #thailand #malah #diolok #olok #legenda #rusia

KOMENTAR