Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Buka Peluang ke Babak 16 Besar
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP
05:42
20 Januari 2024

Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Buka Peluang ke Babak 16 Besar

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Dalam laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam, skuad Garuda menang tipis dengan skor 1-0.

Gol kemenangan Timnas Indonesia di laga tersebut dicetak Asnawi Mangkualam lewat titik putih di babak pertama. Hasil ini membuka peluang skuad Garuda untuk tampil di babak 16 besar, dan di laga pamungkas tim besutan Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang.

Duel Timnas Indonesia vs Jepang dijadwalkan pada 24 Januari 2024. Sementara Vietnam akan melawan Irak di partai pamungkas Grup D.

Jalannya Pertandingan

Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Timnas Indonesia langsung menggebrak sejak kick-off dibunyikan. Baru beberapa detik bola bergulir, peluang didapat Rafael Struick. Sayang peluang tersebut kandas setelah sepakan first time pemain keturunan itu ditepis penjanga gawang Vietnam Filip Nguyen.

Pertahanan Vietnam terus dibombardir Timnas Indonesia, dan memasuki menit kedelapan Rafael kembali mendapat peluang. Berawal dari kerja sama satu dua pemain Timnas Indonesia, Rafael yang mendapat sodoran bola langsung melepaskan tendangan ke gawang. Namun si kulit bundar melenceng di sisi atas gawang Vietnam.

Vietnam bermain lebih sabar dan menunggu waktu yang tepat untuk melancarkan serangan. Namun, hingga 25 menit laga perjalanan, Nguyen Quang Hai cs tak dapat peluang emas.

Pressing ketat yang dilakukan Timnas Indonesia membuat permainan Vietnam sulit berkembang. The Golden Stars lebih banyak bermain di area pertahanan sendiri.

Memasuki menit ke-30 Timnas Indonesia kembali membangun serangan berbahaya. Permainan cepat di area bertahan Vietnam nyaris berbuah gol andaikan sepakan Sandy Walsh tidak terlalu lemah.

Vietnam menebar ancaman di menit ke-32. Pham Tuan Hai yang lepas dari kawalan Justin Hubner lari tanpa kawalan. Beruntung Jordi Amat berhasil menyapu bola ke luar lapangan.

Timnas Indonesia mendapat peluang terbaiknya di menit ke-36. Umpan lambung Justin Hubner yang sangat manis disambut tandukan Sandy Walsh. Sayang, bola sundulan itu ditepis Filip Nguyen.

Di menit 42 peluang emas didapat Timnas Indonesia. Wasit menunjuk titik putih setelah Rafael Struick dijatuhkan pemain Vietnam di kotak terlarang.

Asnawi Mangkualam yang maju sebagai algojo dengan tenang mengoyak gawang Nguyen. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia!

Timnas Indonesia kembali mendapat peluang di masa tambahan waktu babak pertama. Menerima umpan lambung Justin Hubner, Rafael Struick menanduk bola ke gawang namun berhasil dimuntahkan Filip Nguyen.

Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Timnas Indonesia berulang kali ditekan Vietnam. Anak asuh Philippe Troussier membuat Ernando Ari jatuh bangun untuk menggagalkan sejumlah peluang The Golden Star Warriors.

Seperti yang terjadi di menit 48. Pemain pengganti Khuat Van Khang lolos di sisi kiri kotak penalti dan melepaskan tembakan keras kaki kiri. Untungnya, Ernando Ari tampil gemilang dengan menepis bola itu.

Vietnam kembali membahayakan gawang Timnas Indonesia pada menit ke-52. Kuat Vhan Khang melepaskan tembakan keras namun melenceng di sisi kanan gawang Ernando.

Situasi berbalik di babak kedua ini, lini pertahanan Timnas Indonesia banyak mendapat tekanan dari Vietnam. Sampai dengan menit 65, skuad Garuda masih sulit keluar dari tekanan.

Timnas Indonesia mendapat peluang pertama di babak kedua pada menit ke-70. Sayangnya, Hokky Caraka yang masuk menggantikan Rafael Struick gagal melepaskan tendangan akurat ke gawang Filip Nguyen.

Sejumlah pemain yang dimasukan Shin Tae-yong-- Adam Alis, Hokky Caraka, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman-- membuat permainan skuad Garuda berubah. Meski demikian, Vietnam masih tetap mendominasi jalannya babak kedua.

Hokky Caraka kembali mendapat peluang pada menit ke-80 setelah menerima umpan dari Justin Hubner. Akan tetapi tendangannya melenceng dari sasaran.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain di menit 90+1. Le Pham Thanh Long harus mandi lebih cepat usah diganjar kartu kuning kedua.

Laga masih berlangsung sengit di menit-menit akhir. Timnas Indonesia yang unggul jumlah pemain mencoba memanfaatkan keuntungan tersebut dengan lebih agresif menyerang.

Sejumlah peluang didapat, di antaranya yang dimiliki Marselino pada menit 90+9. Sayang tendanganya melambung di atas mistar gawang. Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Timnas Vietnam (5-3-2): Filip Nguyen;Trong Minh Vo, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Ant;Nguyen Tuan Anh, Nguyen Thai Son, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Pelatih: Philippe Troussier.

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Sruick, Egy Maulana Vikri.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #hasil #piala #asia #2023 #bungkam #vietnam #timnas #indonesia #buka #peluang #babak #besar

KOMENTAR