Duet Combo: Eko Purdjianto, Indra Sjafri dan Rahasia di Balik Tiga Gelar Juara Timnas Indonesia
Indra Sjafri dan Eko Purdjianto saat masih di Bali United. [Instagram @indrajafri_coach]
09:18
2 Agustus 2024

Duet Combo: Eko Purdjianto, Indra Sjafri dan Rahasia di Balik Tiga Gelar Juara Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-19 meraih juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand, 1-0 dalam final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024).

Prestasi itu memunculkan catatan menarik, terutama bagi pelatih Indra Sjafri dan asisten pelatih Eko Purdjianto.

Bak duet combo, itu adalah gelar juara ketiga kali yang didapatkan keduanya saat bekerja sama di Timnas Indonesia.

Sebelum kampiun di Surabaya lalu, keduanya meraih gelar juara Piala AFF U-19 2013 silam saat mengalahkan Vietnam melalui drama adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Baca Juga: Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Media Vietnam Bereaksi Seperti Ini

Kisah sukses itu berlanjut saat keduanya kembali bekerja sama di SEA Games 2023 Kamboja. Di final, Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Eko Purdjianto saat meraih tiga gelar juara bersama Timnas Indonesia. [Dok Pribadi]Eko Purdjianto saat meraih tiga gelar juara bersama Timnas Indonesia. [Dok Pribadi]

Menariknya, Eko Purdjianto bisa saja melengkapi empat gelar juara seperti yang dimiliki Indra Sjafri di Piala AFF U-22 2019. Namun, juru taktik berusia 48 tahun saat itu tak mendapat izin dari klubnya, Bali United.

"Bangga dan bersyukur tentunya mas bisa meraih tiga gelar juara ini. Saya berterima kasih kepada coach Indra yang terus memberikan kepercayaan," ungkap Eko Purdjianto kepada , Kamis (1/8/2024).

Menurut Eko, chemistry yang sudah terbangun lama dengan Indra Sjafri membuat dirinya tak kesulitan dalam komunikasi. Termasuk dalam pemahaman strategi permainan yang akan diterapkan di lapangan.

"Intinya filosofi bermain yang diinginkan dan coach Indra juga sudah paham saya, jadi nyambung ya. Apalagi lama juga dengan beliau di Bali United," kata dia.

Baca Juga: Siapa Tyra Gunara? Kiper Diaspora yang Bisa Jadi Opsi Timnas Putri Indonesia

"Alhamdullah juga di Piala AFF 2023 saya mendapat izin dari klub (PSIS Semarang-red) dan bisa bergabung lagi dengan coach Indra," tambah mantan pemain Pelita Solo tersebut.

Setelah ini, Timnas Indonesia U-19 akan ikut dalam turnamen di Korea Selatan bertajuk Seoul On Us Cup 2024 untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Kemudian Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan akan langsung bersiap menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang digelar 21-29 September 2024.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #duet #combo #purdjianto #indra #sjafri #rahasia #balik #tiga #gelar #juara #timnas #indonesia

KOMENTAR