3 Eks Timnas Indonesia yang Nasibnya Belum Jelas di BRI Liga 1 Musim Depan
Dari kiri - Manajer Ad Interim Arema FC Ali Rifki, Adam Alis, Evan Dimas, Gian Zola, Rendika Rama dan Presiden Klub Arema FC Gilang Widya Pramana saat foto bersama usai jumpa pers di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (7/4/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)
16:18
26 Juli 2024

3 Eks Timnas Indonesia yang Nasibnya Belum Jelas di BRI Liga 1 Musim Depan

Mantan bintang Timnas Indonesia sering kali kesulitan mendapatkan klub saat performa mereka menurun. Berikut tiga diantaranya.

Meski membela Timnas adalah prestasi besar, tidak semua pemain bisa mempertahankan performa mereka, terutama saat masa keemasan mereka memudar.

Beberapa di antaranya bahkan kini tanpa klub. Berikut adalah beberapa mantan pemain Timnas Indonesia yang belum mendapatkan klub lagi.

1. Osvaldo Haay

Baca Juga: Reaksi Media Korea Selatan usai Shin Tae-yong Dapat Golden Visa dari Pemerintah Indonesia, Terkejut?

Pemain Bhayangkara FC Osvaldo Haay berpose setelah mengikuti wawancara dan menjalani latihan di Lapangan B Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)Pemain Bhayangkara FC Osvaldo Haay berpose setelah mengikuti wawancara dan menjalani latihan di Lapangan B Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Putra Papua, Osvaldo Haay, pernah menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 pada 2020. Namun, tindakan indisipliner membuatnya kehilangan tempat di skuad Garuda.

Osvaldo, pemain berbakat, pernah membela Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta. Sayangnya, cedera berulang membuat performanya menurun.

Sempat bermain untuk Bhayangkara FC musim lalu, kini ia belum mendapatkan klub baru.

2. Gian Zola

Pesepak bola Arema FC Gian Zola (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Borneo FC Muhammad Fajar Fathur Rahman (kiri) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.Pesepak bola Arema FC Gian Zola (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Borneo FC Muhammad Fajar Fathur Rahman (kiri) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Pertandingan berakhir dengan skor imbang 0-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Meski kariernya tidak secerah adiknya, Beckham Putra Nugraha, Gian Zola Nasrullah masih layak bermain di Liga 1. Namun, jebolan Diklat Persib ini belum punya klub lagi.

Baca Juga: Shin Tae-yong Dapat Golden Visa, Sang Putra: Indonesia Rumah Kedua Saya

Promosi ke tim utama Persib pada 2016, Zola sempat dianggap sebagai gelandang masa depan, tetapi kariernya tidak cemerlang.

Dia bermain untuk Persela Lamongan (2018, 2021), Arema FC (2022), dan PSIS Semarang (2023).

Setelah dilepas PSIS, ia belum bergabung dengan tim mana pun.

3. Andik Vermansah

Pemain Bhayangkara FC Andik Vermansah (HO/Bhayangkarasolofc.id)Pemain Bhayangkara FC Andik Vermansah (HO/Bhayangkarasolofc.id)

Andik Vermansah, yang pernah disebut sebagai rising star Timnas Indonesia sebelum era Irfan Bachdim dan Evan Dimas, kini belum memiliki klub menjelang musim baru Liga 1 dan Liga 2.

Memulai karier di Persebaya pada 2009, Andik menjadi ikon tim dan berkarier di Liga Malaysia bersama Selangor FA dan Kedah FA (2013-2018).

Ia kembali ke Indonesia pada 2019 untuk Madura United, lalu bergabung dengan Bhayangkara FC (2020) dan Persiraja Banda Aceh (Agustus 2023). Masa depannya di Liga 1 atau Liga 2 masih belum jelas.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #yang #nasibnya #belum #jelas #liga #musim #depan

KOMENTAR