Timnas Indonesia Punya Statistik Aneh di Piala AFF U-19, Bisa Jadi Senjata Lawan Malaysia?
Iqbal Gwijangge (Kanan) Saat Sukses Mencetak Gol ke Gawang Kamboja dalam Laga Grup A Ajang ASEAN U-19 Boys Championship 2024. (pssi.org)
14:18
26 Juli 2024

Timnas Indonesia Punya Statistik Aneh di Piala AFF U-19, Bisa Jadi Senjata Lawan Malaysia?

Timnas Indonesia U-19 punya statistik aneh selama tampil di fase grup Piala AFF U-19 2024. Fenomena tersebut bisa jadi senjata untuk menghadapi Malaysia di semifinal pada Sabtu, 27 Juli mendatang?

Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2024 dengan apik. Mereka menjadi juara Grup A setelah meraih tiga kemenangan dari tiga laga.

Pada laga penutup, Garuda Nusantara menang telak 6-2 atas Timor Leste U-19, menunjukkan ketajaman mereka di sepanjang fase grup dengan mencetak 14 gol dari tiga pertandingan.

Menariknya, sumber gol utama Timnas Indonesia U-19 bukan dari lini depan, melainkan dari lini belakang yang tampil dominan.

Baca Juga: Bikin Murka! Suporter Malaysia Sepelekan Timnas Indonesia U-19 hingga Sebut Belanda Mini

Berikut dua statistik aneh Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF U-19 2024.

1. Lini Belakang Tajam

Kadek Arel (nomor jersey 4) berselebrasi setelah menjebol gawang Filipina di laga pembuka Piala AFF U-19 edisi 2024 (pssi.org)Kadek Arel (nomor jersey 4) berselebrasi setelah menjebol gawang Filipina di laga pembuka Piala AFF U-19 edisi 2024 (pssi.org)

ndra Sjafri menerapkan skema tiga bek di Piala AFF U-19 2024. Hebatnya, dua diantara mereka mampu tampil tajam di ajang ini.

Iqbal Gwijangge dan Kadek Arel masing-masing telah mencetak tiga gol, menempatkan mereka di posisi kedua daftar top scorer sementara.

Selain tajam di depan, Iqbal dan Kadek juga solid di lini belakang, dibantu oleh Alfharezzi Buffon.

Baca Juga: Kapan Pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19 2024?

2. Open Play Buntu? Bola Mati Jadi Solusi

Iqbal Gwijangge Rising Star Timnas Indonesia U-19, Kalahkan Pemain Australia Berbandrol Rp2 M [Dok PSSI]Iqbal Gwijangge Rising Star Timnas Indonesia U-19, Kalahkan Pemain Australia Berbandrol Rp2 M [Dok PSSI]

Indra Sjafri dikenal dengan permainan sayap yang kuat, namun di Piala AFF U-19 2024, Timnas Indonesia U-19 punya senjata jitu lain.

Ya, senjata jitu tersebut adalah di mana mereka justru unggul dalam situasi bola mati. Banyak gol mereka tercipta dari skenario tersebut.

Hal itu pula yang membuat Iqbal dan Kadek bisa begitu produktif lantaran mereka jadi target utama dalam bola mati seperti sepak pojok dan tendangan bebas.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #punya #statistik #aneh #piala #bisa #jadi #senjata #lawan #malaysia

KOMENTAR