3 Keuntungan Shin Tae-yong Usai Dapatkan Golden Visa, Berpotensi Punya Aset di Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Suara.com/Lilis)
17:36
25 Juli 2024

3 Keuntungan Shin Tae-yong Usai Dapatkan Golden Visa, Berpotensi Punya Aset di Indonesia

Menilik tiga keuntungan yang akan dirasakan Shin Tae-yong usai mendapatkan Golden Visa dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, baru saja mendapat apresiasi dari pemerintah berupa Golden Visa yang baru diluncurkan oleh Presiden Jokowi, Kamis (25/7).

Pelatih berusia 53 tahun itu bahkan menjadi orang pertama yang mendapat produk program keimigrasian tersebut dari pemerintah Indonesia.

Diyakini Golden Visa diberikan kepada Shin Tae-yong berkat prestasinya bersama Timnas Indonesia sepanjang tahun 2024 ini.

Baca Juga: Jokowi Kaget Ada 300 Pendaftar Golden Visa untuk Investasi, Ada Nama Elon Musk?

Di tahun 2024 ini, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mampu mencetak sejarah berulang kali, yang diawali dengan keberhasilan membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Kemudian, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-23 menembus semifinal Piala Asia U-23 2024 serta hampir tampil di Olimpiade 2024.

Terbaru, Shin Tae-yong juga membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dengan Golden Visa yang baru diterimanya dari Presiden Jokowi, apa saja keuntungan yang bakal didapatkan oleh Shin Tae-yong? Berikut daftarnya.

1. Jangka Waktu Tinggal Lebih Lama

Baca Juga: Apa itu Golden Visa yang Didapat Shin Tae-yong dari Presiden Jokowi?

Karena mendapatkan Golden Visa, Shin Tae-yong pun bisa tinggal lebih lama di Indonesia, yakni sampai 5 hingga 10 tahun ke depan.

Keuntungan ini bisa membuat Shin Tae-yong lebih tenang dalam menunaikan tugasnya melatih Timnas Indonesia hingga kontraknya habis pada tahun 2027 mendatang.

Pasalnya dengan Golden Visa ini, Shin Tae-yong nantinya tak perlu lagi mengurus izin tinggal terbatas (ITAS) di kantor Imigrasi.

2. Kemudahan Masuk dan Keluar Indonesia

Dengan Golden Visa yang didapatkannya, Shin Tae-yong juga punya kemudahan untuk masuk dan keluar dari Indonesia sewaktu-waktu.

Keuntungan ini jelas memudahkan Shin Tae-yong yang kerap bolak-balik Indonesia dan Korea Selatan untuk bertemu keluarga.

Salah satu kemudahan yang dimaksud yakni kemudahan saat melewati jalur pemeriksaan dan mendapat layanan prioritas di bandara.

3. Bisa Memiliki Aset di Indonesia

Salah satu keuntungan Golden Visa lainnya yang bisa dirasakan Shin Tae-yong adalah dirinya bisa memiliki aset, terutama properti, di Indonesia.

Bukan rahasia lagi jika WNA tak punya hak untuk memiliki aset properti di Indonesia dan hanya bisa menggunakan hak pakai.

Namun, karena Golden Visa ini, Shin Tae-yong bisa memiliki aset properti di Indonesia. Akan tetapi, aset properti yang boleh dimiliki adalah hunian vertikal dengan harga 1 juta dolar AS (Rp16,2 miliar).

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #keuntungan #shin #yong #usai #dapatkan #golden #visa #berpotensi #punya #aset #indonesia

KOMENTAR