Apa Itu Gothia Cup? Kompetisi Para Legenda yang Dimenangkan Pemain Timnas Indonesia U-16 Lucas Lee
Lucas Lee juara Gothia Cup U-16 2024. (Dok. Gothia Cup)
14:48
22 Juli 2024

Apa Itu Gothia Cup? Kompetisi Para Legenda yang Dimenangkan Pemain Timnas Indonesia U-16 Lucas Lee

Mengenal lebih jauh tentang Gothia Cup, turnamen antar pemain muda yang baru saja dimenangkan oleh penggawa Timnas Indonesia U-16, Lucas Lee.

Nama Lucas Lee tengah menjadi perbincangan usai membawa timnya, NorCal PDP, menjuarai ajang Gothia Cup 2024 di Gothenburg, Swedia.

Pemain berusia 16 tahun itu berhasil menjuarai Gothia Cup U-16 usai membawa NorCal PDP mengalahkan Stjarnen 1 lewat drama adu penalti dengan skor 7-6.

Keberhasilan menjuarai Gothia Cup U-16 2024 ini terasa manis bagi Lucas Lee. Pasalnya, ia menyandang ban kapten NorCal PDP di final tersebut.

Baca Juga: Jadi Kapten Tim, Bek Kiri Timnas Indonesia U-16 Andalan Nova Arianto Raih Juara di Australia

Tak ayal, banyak yang meyakini bahwa Lucas Lee akan mendapat sorotan dari banyak tim Scouting dari berbagai penjuru dunia yang hadir pada turnamen tersebut.

Banyaknya tim Scouting yang hadir di turnamen itu bukanlah sebuah kebetulan. Pasalnya, Gothia Cup dikenal sebagai salah satu turnamen antar pemain muda paling bergengsi di dunia.

Karenanya, menarik untuk mengupas lebih jauh soal Gothia Cup. Seperti apa turnamen yang dianggap sebagai salah satu kompetisi terbaik untuk pemain muda dari seluruh dunia itu?

Kompetisi Para Legenda Sepak Bola

Gothia Cup merupakan turnamen sepak bola internasional terbesar di dunia. Dikutip dari laman resminya, setiap tahun ajang ini bisa diikuti 1900 tim dari 74 negara.

Baca Juga: Jadi Kapten, Anak Asuh Nova Arianto di Timnas Indonesia U-16 Juarai Gothia Cup 2024

Turnamen ini sendiri berdiri pada tahun 1975 di Gothenburg, Swedia, dan dirikan oleh klub BK Hacken dan GAIS bersama dengan media lokal setempat.

Setiap tahunnya, ajang ini digelar di Swedia dan diikuti oleh berbagai klub dari seluruh penjuru dunia yang diikuti oleh para pemain dari rentang usia 11-18 tahun.

 Turnamen antar pemain muda dunia, Gothia Cup. (Dok. Gothia Cup)Turnamen antar pemain muda dunia, Gothia Cup. (Dok. Gothia Cup)

Karena berstatus turnamen internasional, Gothia Cup pun menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan asing yang memberi dampak besar bagi perekonomian Swedia, terutama Gothenburg.

Tak hanya digelar di Swedia, Gothia Cup juga pernah mencoba melebarkan sayapnya dengan menggelar turnamen serupa di China.

Turnamen pertama dihelat di China pada 2016 lalu dan bergulir hingga edisi keempat pada tahun 2019. Hingga akhirnya, turnamen sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Dalam sejarahnya, Gothia Cup kerap melahirkan pesepak bola hebat yang kini menjadi legenda, seperti halnya turnamen Toulon atau turnamen Maurice Revello.

Sebut saja nama-nama seperti Zlatan Ibrahimovic, Andrea Pirlo, Alan Shearer, Ze Roberto, Emmanuel Adebayor, hingga Julio Baptista yang pernah tampil di Gothia Cup.

Bawa AC Milan Raih Scudetto, Ibrahimovic Tepati Janji/Twitter @SiaranBolaLiveBawa AC Milan Raih Scudetto, Ibrahimovic Tepati Janji/Twitter @SiaranBolaLive

Sebelum Lucas Lee, ada pula pemain Indonesia yang juga pernah mentas dan menjuarai ajang tersebut, yakni Egy Maulana Vikri bersama ASIOP Apacinti di Gothia Cup 2016 silam.

Saat itu, Egy berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan IF Elfsborg dengan skor 3-1 dan berhasil meraih dua penghargaan sebagai top skor dengan total 28 gol dan pemain terbaik kategori U-15.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #gothia #kompetisi #para #legenda #yang #dimenangkan #pemain #timnas #indonesia #lucas

KOMENTAR