Hasil Piala AFF U-19 2024: Timnas Indonesia Hancurkan Filipina 6-0, Jens Raven Cetak Gol!
Bek Timnas Indonesia U-19, kadek Arel (kedua dari kiri) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya setelah mencetak gol ketiga bagi timnya dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2024 kontra Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024). [Dok. Timnas Indonesia]
22:00
17 Juli 2024

Hasil Piala AFF U-19 2024: Timnas Indonesia Hancurkan Filipina 6-0, Jens Raven Cetak Gol!

Timnas Indonesia U-19 berhasil menang telak 6-0 atas Filipina dalam laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Timnas Indonesia U-19 tampil trengginas. Mereka mencetak setengah lusin gol lewat Arlyansyah Abdulmanan (12', 50'), Iqbal Gwijangge (21', 42'), Kadek Arel (29') dan Jens Raven (87').

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-19 untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan koleksi tiga poin.

Meski punya poin setara dengan Timor Leste yang berhasil menang 3-2 atas Kamboja, Garuda Nusantara berhak berada di posisi pertama karena unggul selisih gol.

Baca Juga: Biar Tak Banyak Naturalisasi, PSSI Didorong Bikin Kompetisi Klub untuk Pemain Junior

Start apik Timnas Indonesia U-19 membuat peluang tim asuhan Indra Sjafri untuk melangkah ke semifinal kian besar. Pada matchday kedua Grup A, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Kamboja pada Sabtu (20/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia U-19 langsung menggebrak sejak kick-off. Bermain dengan skema tiga bek, tim asuhan Indra Sjafri mengandalkan kelebaran dua wingback lewat Doni Tri Pamungkas dan Muhammad Mufli untuk melancarkan serangan.

Serangan demi serangan terus dilakukan Timnas Indonesia. Usaha itu akhirnya berbuah hasil pada menit ke-12 melalui Arlyansyah Abdulmanan yang menyambar umpan kapten Doni Tri Pamungkas di mulut gawang.

Timnas Indonesia U-19 semakin trengginas pasca mencetak gol. Pada menit ke-21, Mufli berhasil mengelabui satu pemain Filipina untuk melepaskan umpan silang dari sisi kanan.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2024: Kiper Legenda Hidup PSIS Semarang IKP Optimis Skuad Garuda Muda Kalahkan Filipina Meski Akan Sulit

Bek Iqbal Gwijangge kemudian berada di posisi yang tepat. Dia menyambar umpan itu lewat sundulan akurat yang tak bisa dihalau kiper Filipina. Indonesia kini unggul 2-0.

Hanya berselang delapan menit, Timnas Indonesia U-19 kembali mencetak gol. Bek Kadek Arel membawa Garuda Nusantara unggul 3-0 lewat sundulan akurat usai menyambar umpan sepak pojok.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, Timnas Indonesia U-19 kembali mencetak gol. Lagi-lagi Iqbal mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Garuda Nusantara unggul 4-0.

Iqbal mencetak gol setelah menyambar bola di mulut gawang hasil sundulan Buffon dari skema umpan silang dari sisi kiri lapangan. Skor 4-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, pelatih Indra Sjafri langsung melakukan pergantian dengan memasukan Welber Jardim dan Rizdjar Subagja untuk menggantikan Mufli dan Figo.

Timnas Indonesia U-19 tidak mengendurkan serangan pasca kick-off babak kedua. Bahkan tim Merah Putih langsung mencetak gol lewat Arlyansyah pada menit ke-50.

Arlyansyah mencetak gol keduanya lewat skema yang begitu mirip dengan gol pembuka yang dia cetak pada menit ke-12. Dia menyambar bola di mulut gawang usai memanfaatkan umpan silang mendatar dari sisi kiri yang dilepaskan kapten Doni Tri Pamungkas.

Hingga menit ke-60, Timnas Indonesia U-19 mulai mengendurkan tempo permainan, sementara Filipina perlahan-lahan coba membangun serangan.

Filipina mencatatkan tembakan tepat sasaran pertama dalam laga ini pada menit ke-63. Namun, tendangan Caraig Solomon dari luar kotak penalti masih cukup mudah diamankan kiper Ikram Algiffari.

Indra Sjafri memasukan striker naturalisasi, Jens Raven untuk menggantikan Arkhan Kaka pada menit ke-68. Doni Tri Pamungkas juga ditarik keluar untuk digantikan Alexandro Felix Kamuru.

Timnas Indonesia U-19 mulai mendapat tekanan Filipina 10 menit jelang laga berakhir. Filipina mendapatkan peluang kedua pada menit ke-85 melalui Samaniago Benz Joelle Dela Cruz. Beruntung sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau Algiffari.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, Jens Raven berhasil mencetak gol. Dia membawa Timnas Indonesia U-19 unggul 6-0 setelah mencetak gol lewat tembakkan datar di dalam kotak penalti.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Filipina U-19 di Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia U-19 (3-4-3): Ikram Algiffari; Kadek Arel Priyanta, Muhammad Alfharezzi Buffon, Muhammad Iqbal Gwijangge; Muhammad Mufli Hidayat (Rizdjar Nurviat Subagja, 45'), Figo Dennis (Welber Jardim, 45'), Toni Firmansyah, Doni Tri Pamungkas (C) (Alexandro Felix Kamuru, 68'); Arlyansyah Abdulmanan (Marselinus Ama Ola, 82'), Arkhan Kaka Putra (Jens Raven, 68'), M. Riski Afrisal.

Pelatih: Indra Sjafri

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hasil #piala #2024 #timnas #indonesia #hancurkan #filipina #jens #raven #cetak

KOMENTAR