Shin Tae-yong Diabadikan Jadi Nama Lapangan Sepak Bola Korea Selatan
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (pssi.org)
06:54
7 Juli 2024

Shin Tae-yong Diabadikan Jadi Nama Lapangan Sepak Bola Korea Selatan

Sebuah lapangan sepak bola di Yeongdeok, Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan, kini memiliki nama yang istimewa: Shin Tae-yong Soccer Park.

Dinamai sesuai nama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lapangan ini menjadi simbol penghormatan atas dedikasinya dan kontribusinya yang luar biasa bagi sepak bola Korea Selatan dan Indonesia.

Peresmian Shin Tae-yong Soccer Park berlangsung meriah pada Sabtu (6/7/2024), dimeriahkan dengan pertandingan persahabatan dan penampilan seniman lokal.

Kehadiran Shin Tae-yong sendiri menjadi momen spesial bagi para penggemar dan masyarakat Yeongdeok.

Baca Juga: Beda Masalah 2 Kiper Naturalisasi hingga Belum Bisa Debut di Timnas Indonesia

"Shin Tae-yong, pelatih tim sepak bola nasional Indonesia, muncul di upacara pembukaan taman sepak bola yang dinamai menurut namanya," tulis radio Korea Selatan KBS.

Lebih dari sekadar lapangan sepak bola biasa, Shin Tae-yong Soccer Park diharapkan menjadi pusat pengembangan sepak bola di Yeongdeok.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Dok. AFP]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Dok. AFP]

Fasilitas ini akan terbuka bagi penduduk lokal, klub sepak bola, sekolah, dan komunitas untuk berlatih, bertanding, dan merajut mimpi sepak bola mereka.

Pemberian nama Shin Tae-yong Soccer Park tidak hanya sebagai bentuk penghormatan, tetapi juga sebagai penegasan atas prestasi sang legenda.

Bergabung dengan Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong telah mengukir sejarah dengan membawa Garuda meraih berbagai pencapaian gemilang.

Baca Juga: Tak Dilirik STY, Ini Statistik Cyrus Margono yang Bisa Jadi Alternatif Pengganti Maarten Paes di Timnas Indonesia

Di bawah kepemimpinannya, Timnas Indonesia berhasil meraih medali perak Piala AFF 2020, lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023, dan melaju ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Prestasi ini mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke fase bergengsi tersebut.

Kini, dengan kontrak yang diperpanjang hingga 2027, Shin Tae-yong siap membawa Timnas Indonesia melangkah lebih jauh.

Di hadapannya terbentang berbagai tantangan, mulai dari putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Piala AFF, hingga Piala Asia 2027.

Shin Tae-yong Soccer Park menjadi simbol tekad dan semangat Shin Tae-yong untuk terus memajukan sepak bola Korea Selatan dan Indonesia.

Lapangan ini bukan hanya tempat untuk bermain, tetapi juga tempat untuk menumbuhkan talenta-talenta baru dan mengukir sejarah sepak bola yang lebih gemilang.

"Hal ini untuk mengenang pelatih Shin Tae-yong yang mengangkat status pemimpin Korea dengan membawa Indonesia ke babak 16 besar pertama Piala Asia dan semifinal pertama Piala Asia U-23," tulis KBS.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #shin #yong #diabadikan #jadi #nama #lapangan #sepak #bola #korea #selatan

KOMENTAR