3 Negara Top yang Gagal Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Ada Tim Pemenang Ballon d'Or
Gelandang timnas Kroasia, Luka Modric (tengah), Marcelo Brozovic dan pelatih Zlatko Dalic (kanan) bereaksi pada akhir pertandingan Grup B Euro 2024 antara Kroasia vs Italia di Stadion Leipzig di Leipzig pada 24 Juni 2024. Italia menahan Kroasia 1-1 dan berhak melaju ke 16 besar. ANDERSEN Aneh / AFP
10:30
27 Juni 2024

3 Negara Top yang Gagal Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Ada Tim Pemenang Ballon d'Or

Daftar 16 peserta yang dipastikan merebut tiket ke babak 16 besar Euro 2024 telah lengkap. Tercatat, terdapat sejumlah negara besar yang justru gagal melanjutkan perjalanannya di fase gugur.

Dari total enam grup yang tersaji di fase penyisihan Euro 2024, terdapat setidaknya 12 peserta yang merebut tiket dengan mengamankan status sebagai juara grup serta runner-up klasemen akhir.

Selain itu, empat peserta lainnya mendapatkan tiket ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Keempat negara yang dimaksud antara lain Belanda, Georgia, Slovakia, dan Slovenia.

Dari daftar ini terdapat sejumlah negara top yang harus gigit jari karena gagal melanjutkan perjalanannya ke fase 16 besar Euro 2024. Siapa saja kah mereka? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Baca Juga: Kevin De Bruyne Tak Kuasa Tanggapi Suporter Belgia yang Marah Usai Ditahan Imbang Ukraina

1. Serbia

Serbia menjadi salah satu negara top Eropa yang harus merelakan tiket ke babak gugur. Pasalnya, mereka hanya bisa menduduki peringkat keempat alias menjadi juru kunci klasemen akhir Grup C.

Dari tiga pertandingan, Serbia tercatat mengukir dua kali imbang dan satu kalah. Hasil imbang itu diperoleh saat menghadapi Slovenia (1-1) dan Denmark (0-0), lalu kalah 0-1 dari Inggris.

Serbia merupakan salah satu negara elite di Eropa. Sebab, mereka sudah pernah dua kali lolos ke final Euro, yakni pada 1960 dan 1968. Sayangnya, dua final ini harus berakhir dengan runner-up.

2. Kroasia

Baca Juga: Piala Euro 2024: Dramatis, Turki Melesat ke 16 Besar Pasca Singkirkan Ceko

Selama beberapa tahun terakhir, Kroasia sebetulnya menjadi kekuatan yang mengerikan dari dataran Eropa. Sebab, mereka tampil sangat luar biasa pada dua edisi Piala Dunia terakhir. Apalagi diperkuat oleh pemenang Ballon d'Or 2018, Luka Modric.

Pada edisi 2018 yang berlangsung di Rusia, misalnya, Kroasia sukses melenggang hingga final meskipun kalah dari Prancis. Adapun pada Piala Dunia 2022, mereka menduduki peringkat ketiga.

Sayangnya, di Euro 2024, mereka harus gagal lolos ke babak 16 besar. Kroasia tercatat menduduki peringkat ketiga Grup B dengan koleksi dua poin dari tiga pertandingan.

3. Republik Ceko

Negara top terakhir yang harus menelan pil pahit karena gagal melenggang ke babak 16 besar ialah Republik Ceko. Di fase penyisihan, mereka harus puas menjadi juru kunci klasemen akhir Grup F.

Republik Ceko tercatat meraih satu imbang dan menelan dua kekalahan. Catatan ini cukup memalukan mengingat mereka berstatus sebagai salah satu kolektor trofi di ajang ini.

Mereka tercatat pernah dua kali lolos ke final, yakni pada edisi 1976 dan 1996. Khusus untuk edisi 1975, mereka sukses membawa pulang trofi juara.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #yang #gagal #lolos #besar #euro #2024 #pemenang #ballon

KOMENTAR