Kasus Maarten Paes Sama dengan Pencetak Gol Tercepat Euro 2024, Sidang di CAS Rampung Hanya 2 Bulan
Kasus pindah federasi Maarten Paes sama dengan pemain Albania, Nedim Bajrami. (Kolase Dok.FC Dallas dan X/@Euro2024DE)
17:18
24 Juni 2024

Kasus Maarten Paes Sama dengan Pencetak Gol Tercepat Euro 2024, Sidang di CAS Rampung Hanya 2 Bulan

Pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Euro, Nedim Bajrami ternyata punya kasus mirip dengan Maarten Paes. Sidangnya di CAS bisa selesai dalam waktu 2 bulan.

Maarten Paes sedang berusaha untuk bisa eligeble membela timnas Indonesia. Meski sudah menjadi WNI, kiper FC Dallas ini bakal diajukan ke CAS untuk pindah federasi.

Pasalnya eks pemain FC Utrecht ini terhalang Statuta FIFA soal umur yang bermain di Belanda U-21 di usianya yang sudah 22 tahun.

Nah, kasus yang dihadapi Maarten Paes ini sama dengan Nedim Bajrami. Pemain Albania yang menjadi pencetak gol cepat sepanjang sejarah Euro juga menjalani sidang CAS.

Baca Juga: Pelatih Kroasia Zlatko Dalic Soroti Lini Pertahanannya Jelang Lawan Italia di Euro 2024

Di kelompok umur, Nedim Bajrami bermain untuk Swiss. Namun, ia pada akhirnya memilih Albania untuk tim senior.

Awalbya FIFA menolak untuk berganti negara, meski sempat mengajukan banding, keputusan itu tidak berubah. Penyebabnya Nedim Bajrami sudah tampil untuk Swiss U-21 setelah usianya melewati 21 tahun.

"Sang pemain membawa kasus ini ke CAS. Cas setuju mereka memangkan Nedim Bajrami dan Albania," tulis laporan The Athletic.

Menariknya proses sidang CAS ini tidak berlangsung lama karena hanya sekitar dua blan saja.

"pada 23 Juni 2021, FAA (Federasi Sepak Bola Albania) dan Nedim Bajrami mengajukan banding kepada CAS terhadap keputusan itu (FIFA). Panel CAS menggelar persidangan 24 Agustus 2021 melalui konferensi video dan mengeluarkan putusan," tulis laporan CAS.

Baca Juga: Bukan Shin Tae-yong, Ini 2 Kandidat Terkuat Pelatih Baru Korea Selatan

"Pada 30 Agustus 2021, CAS membacakan putusan atas banding FAA dan Nedim Bajrami terhadap FIFA tertanggal 27 Mei," imbuhnya.

Artinya proses di CAS sendiri terjadi selama dua bulan dari awal masuk CAS pada 23 Juni dan keputusannya keluar di akhir Agustus.

Berkaca dari ini, PSSI harusnya bisa mengejar agar Maarten Paes segera membela timnas Indonesia. Apalagi kiper FC Dallas ini dibutuhkan untuk round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Editor: Arif Budi

Tag:  #kasus #maarten #paes #sama #dengan #pencetak #tercepat #euro #2024 #sidang #rampung #hanya #bulan

KOMENTAR