3 Rekor Epik Siap Diukir Cristiano Ronaldo di Laga Portugal vs Ceko, Legenda Sejati
Penyerang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakoni sesi latihan jelang pertandingan melawan Republik Ceko di Euro 2024. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]
23:54
18 Juni 2024

3 Rekor Epik Siap Diukir Cristiano Ronaldo di Laga Portugal vs Ceko, Legenda Sejati

Megabintang veteran sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo berpeluang mengukir tiga rekor epik andai diturunkan pada laga pertama negaranya di Euro 2024, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Penyerang 39 tahun itu bakal semakin menasbihkan dirinya sebagai legenda sejati di sepak bola.

Timnas Portugal akan membuka kampanye mereka di Grup F Euro 2024 dengan menghadapi Republik Ceko di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, dini hari nanti pukul 02:00 WIB.

Seperti biasanya, Cristiano Ronaldo kembali menghiasi skuad Selecao das Quinas --julukan Timnas Portugal-- meski usiannya sudah tak muda lagi.

Berikut tiga rekor bergengsi yang bisa diukir Cristiano Ronaldo andai diturunkan pada pertandingan nanti: 

Baca Juga: Fanbase Paling Ditakuti di Seantero Eropa, UEFA Selidiki Vandalisme Suporter Serbia di Euro 2024

1. Pemain Tertua di Piala Eropa

Dengan usia yang sudah menginjak 39 tahun, Cristiano Ronaldo yang pertama tampil untuk Timnas Portugal di Euro 2004 silam, akan tercatat sebagai pemain tertua yang bermain sepanjang sejarah Piala Eropa andai mentas di Euro 2024 ini. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh legenda Jerman Lothar Matthaus.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Matthaus masih memegang rekor sebagai pemain tertua di Euro kala bermain untuk Jerman pada Euro 2000 ketika berusia 39 tahun 91 hari.

Jika Ronaldo bermain di laga pembuka Portugal dini hari nanti, dia akan bermain di usia 39 tahun 127 hari, memecahkan rekor Matthaus

2. Main di Enam Edisi Euro

Baca Juga: Cuma Kalah Tipis dari Prancis, Ralf Rangnick Tegaskan Austria Siap Sapu Bersih Dua Laga Sisa Fase Grup

Cristiano Ronaldo siap memecahkan rekor sebagai pemain terbanyak yang tampil di pentas Euro alias Piala Eropa. Saat ini, CR7 telah bermain dalam lima edisi Euro mulai 2004, 2008, 2012, 2016, serta 2020.

Catatan tersebut sama dengan yang dimiliki oleh mantan kiper Spanyol, Iker Casillas yang tampil di Euro sebanyak lima kali.

Secara individu, saat ini Ronaldo juga telah memegang rekor dengan penampilan terbanyak per pertandingan di Euro (25), pemain dengan menit main terbanyak (2.153), penampilan terbanyak per pertandingan sebagai kapten (16), dan pemain dengan raihan menang terbanyak (12). Semua masih bisa bertambah di Euro 2024.

3. Pencetak Gol Paling Tua

Jika Cristiano Ronaldo mampu mencetak gol di Euro 2024 ini, maka dia akan tercatat sebagai pemain tertua yang mampu menjebol gawang lawan di sejarah Piala Eropa.

Ronaldo saat ini memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Euro (14) dan pencetak gol terbanyak pada babak kualifikasi (41).

Sementara catatan pemain tertua yang pernah mencetak gol di Euro masih dipegang oleh Ivica Vastic dari Austria, yang mencetak gol ke gawang Polandia pada Euro 2008 saat berusia 38 tahun dan 257 hari.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #rekor #epik #siap #diukir #cristiano #ronaldo #laga #portugal #ceko #legenda #sejati

KOMENTAR