Bek Jerman Antonio Rudiger Jadi Top Skor Sepanjang Masa Skotlandia di Euro, Kok Bisa?
Reaksi bek Timnas Jerman, Antonio Ruediger selama pertandingan pertama Grup A Euro 2024 antara Jerman vs Skotlandia di Munich Football Arena di Munich pada 14 Juni 2024. Fabrik COFFRINI / AFP.
08:18
15 Juni 2024

Bek Jerman Antonio Rudiger Jadi Top Skor Sepanjang Masa Skotlandia di Euro, Kok Bisa?

Bek Jerman, Antonio Rudiger resmi masuk sebagai salah satu top skor sepanjang masa Timnas Skotlandia di ajang Euro atau Kejuaraan Eropa.

Hal itu terjadi setelah Rudiger mencetak gol bunuh diri dalam kemenangan 5-1 Jerman atas Skotlandia dalam matchday pertama Grup A, Sabtu (15/6/2024).

Rudiger bikin gol bunuh diri saat Jerman sudah unggul 4-0. Dia menceploskan bola ke gawang sendiri pada menit ke-87.

Menariknya, gol bunuh diri itu membawanya mengukir tinta emas, tetapi untuk Timnas Skotlandia alih-alih Jerman.

Baca Juga: Satu-satunya Tim Debutan dari 24 Negara Peserta Euro 2024, Georgia Anti Minder

Menyitat Squawka, Rudiger kini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak Skotlandia di ajang Euro. Sejauh ini, tak ada pemain Tartan Army yang punya jumlah gol lebih banyak darinya di ajang ini.

Gelandang Timnas Jerman, Emre Can (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol kelima Der Panzer selama pertandingan pertama Grup A Euro 2024 antara Jerman vs Skotlandia di Munich Football Arena (Allianz Arena) di Munich pada 14 Juni 2024.Fabrik COFFRINI / AFP.Gelandang Timnas Jerman, Emre Can (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol kelima Der Panzer selama pertandingan pertama Grup A Euro 2024 antara Jerman vs Skotlandia di Munich Football Arena (Allianz Arena) di Munich pada 14 Juni 2024.Fabrik COFFRINI / AFP.

Skotlandia bukanlah tim dengan prestasi mentereng di Euro. Edisi 2024 tercatat merupakan kali keempat mereka berpartisipasi di ajang ini.

Pada tiga edisi sebelumnya yakni pada 1992, 1996 dan 2020, Skotlandia selalu terhenti di fase grup.

Pada edisi 1992, mereka mencetak tiga gol masing-masing lewat Gary McAllister, Brian McClair dan Paul McStay.

Sementara pada 1996, mreka cuma mencetak satu gol lewat Ally McCost, dan menyamai capaian serupa di edisi 2020 lewat Callum McGregor.

Baca Juga: Yakin Skotlandia Bukan Cuma Tim Penggembira di Euro 2024, Andrew Robertson Ingin Buat Jerman Merana

Terkini, Rudiger berhasil mencetak gol untuk Skotlandia di edisi 2024. Sejauh ini, hal itu membuatnya jadi sosok keenam yang mencetak gol untuk Skotlandia sepanjang sejarah Euro.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jerman #antonio #rudiger #jadi #skor #sepanjang #masa #skotlandia #euro #bisa

KOMENTAR