STY Bongkar Alasan Ingin Timnas Indonesia Jumpa Korsel di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memerhatikan pergerakan para pemainnya pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
20:30
14 Juni 2024

STY Bongkar Alasan Ingin Timnas Indonesia Jumpa Korsel di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku ingin skuad Garuda bertemu Korea Selatan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Juru taktik asal Negeri Ginseng itu punya dasar khusus kenapa ingin Timnas Indonesia berjumpa negaranya sendiri.

Shin Tae-yong melihat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sebagai fase yang penuh tantangan.

Di fase ini, Timnas Indonesia merupakan negara dengan ranking FIFA terendah dan harus masuk pot keenam atau terakhir untuk undian fase grup.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ada 10 Laga Menanti!

Alhasi, Garuda dipastikan bakal menghadapi tim-tim kuat entah Australia, Iran, Irak, Jepang, Arab Saudi maupun Korea Selatan.

Selebrasi Timnas Indonesia dalam laga menghadapi Filipina. (pssi.org)Selebrasi Timnas Indonesia dalam laga menghadapi Filipina. (pssi.org)

Shin Tae-yong menyadari tak ada lawan mudah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Karenanya, dia berharap Timnas Indonesia menghadapi Korea Selatan.

“Kami pasti akan bertemu salah satu dari tiga tim – Korea, Jepang, atau Iran," kata Shin Tae-yong dikutip dari Naver, Jumat (14/6/2024).

"Setidaknya untuk Korea Selatan, saya mengetahui dengan baik dan kekuarangan mantan anak murid saya."

"Sehingga menurut saya mereka akan jadi lawan yang lebih baik dibanding tim lain."

Baca Juga: Menghitung Hari Timnas Indonesia Kehilangan Bek Sayap Berbakat Rp695 Miliar

Lebih jauh, Shin Tae-yong merasa pertemuan Timnas Indonesia dan Korea Selatan di putaran ketiga juga bagus untuk mengundang banyak penonton.

"Jika Korea dan Indonesia berada dalam satu grup, mereka akan mendapat perhatian lebih dari penggemar," jelas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah finis sebagai runner-up Grup F dengan koleksi 10 poin dari enam laga.

Skuad Garuda memastikan diri lolos ke putaran ketiga setelah mengalahkan Filipina dalam matchday terakhir Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (11/6/2024) lalu.

Ini merupakan sejarah tersendiri bagi Timnas Indonesia yang sebelumnya tak pernah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia sejak format itu diperkenalkan pada 2018.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bongkar #alasan #ingin #timnas #indonesia #jumpa #korsel #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR