Kiper Filipina Ungkap Rahasia Atasi Tekanan Suporter Timnas Indonesia di GBK, Singgung Persib Bandung
Kiper Persib Bandung asal Filipina, Kevin Mendoza. [dok. Persib]
19:42
12 Juni 2024

Kiper Filipina Ungkap Rahasia Atasi Tekanan Suporter Timnas Indonesia di GBK, Singgung Persib Bandung

Kiper Filipina Kevin Mendoza mengaku tidak kaget melihat gemuruh suporter Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Dia pun mengungkapkan rahasianya.

Kevin bersama The Azkals, bertandang ke markas Timnas Indonesia dalam matchday keenam atau terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Sang kiper tak cuma melawan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan, tetapi juga harus menghadapi tekanan dari 60 ribu lebih suporter yang hadir langsung di Stadion GBK.

Kevin menjelaskan bahwa atmosfer Stadion GBK yang penuh sorak sorai suporter Timnas Indonesia sudah tidak membuatnya kaget.

Baca Juga: Ikut Bangga, FIFA Soroti Timnas Indonesia Cetak Sejarah Menuju Piala Dunia 2026

Suporter Indonesia memberikan dukungan dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia berhasil mengalahkan FIlipina dengan skor 2-0 dan berhak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/nym. Suporter Indonesia memberikan dukungan dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia berhasil mengalahkan FIlipina dengan skor 2-0 dan berhak lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/nym.

Pasalnya, dia sudah terbiasa dengan suasana pertandingan Liga 1 di mana dirinya musim ini merupakan penjaga gawang nomor satu Persib Bandung, tim yang keluar sebagai juara.

“Saya merasa seperti di rumah, ini (atmosfer stadionnya) seperti di Bandung. Atmosfer yang luar biasa dari suporter Indonesia, saya menyukainya,” kata Kevin usai pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, Filipina harus menyerah dengan skor 0-2 dari skuad Garuda. Gawang Kevin Mendoza dibobol masing-masing oleh Thom Haye dan Rizky Ridho.

Meski demikian, Penampilan Kevin di bawa mistar gawang Filipina tidak bisa dibilang buruk. Dia berlaki-kali mampu menggagalkan peluang yang diciptakan para pemain Timnas Indonesia.

Merujuk susunan pemain Timnas Filipina ke belakang, bermainnya Kevin di bawah mistar gawang sejatinya merupakan kejutan. Pasalnya, kiper 29 tahun itu kerap duduk dibangku cadangan karena pelatih Tom Saintfiet lebih mempercayakan pos penjaga gawang kepada Neil Etheridge.

Baca Juga: Asnawi Sebut Timnas Indonesia Bakal Makin Kuat Jelang Putaran Ketiga, Kode PSSI Tambah Naturalisasi?

Lebih jauh, Kevin mengaku sedih Filipina dikalahkan Timnas Indonesia. Ia merasa The Azkals sejatinya punya kans mengejar ketertinggalan karena adanya sejumlah peluang.

“Jelas saya sedih karena kami kalah. Indonesia memiliki lebih banyak peluang ketimbang kami," pungkasnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kiper #filipina #ungkap #rahasia #atasi #tekanan #suporter #timnas #indonesia #singgung #persib #bandung

KOMENTAR