Data Kegagalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia saat Hadapi Vietnam, Apakah Akan Terulang di Piala Asia 2023?
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [BENJAMIN CREMEL / AFP]
09:12
18 Januari 2024

Data Kegagalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia saat Hadapi Vietnam, Apakah Akan Terulang di Piala Asia 2023?

Shin Tae-yong punya data buruk soal menghadapi Timnas Vietnam selama pegang Timnas Indonesia. Sehingga tidak berlebihan jika Shin Tae-yong menghadapi tantangan besar menjelang pertandingan melawan Vietnam dalam Piala Asia 2023 (2024) yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (19/1) malam.

Status Timnas Indonesia dalam Grup D Piala Asia 2023 ini belum mendapatkan predikat unggulan.

Catatan kurang memuaskan menciptakan keraguan terkait performa Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong, yang belum mampu menghasilkan gol dalam empat pertemuan dengan Vietnam sejak akhir 2019.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (pssi.org)

Pertemuan pertama terjadi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 7 Juni 2021, di mana skuad Garuda mengalami kekalahan telak 4-0 dari Vietnam yang diasuh oleh Park Hang Seo.

Bentrokan berikutnya terjadi pada babak grup Piala AFF 2020 (2021) di Singapura, di mana strategi negatif parkir bus yang diterapkan oleh Indonesia berujung pada hasil imbang 0-0.

Perjalanan berlanjut ke semifinal Piala AFF 2022, dengan pertandingan leg pertama di Senayan, Jakarta, berakhir tanpa gol, dan pada leg kedua di Hanoi, Indonesia menyerah dengan skor 2-0, menyebabkan kegagalan meraih tempat di partai final.

Perubahan yang mencolok terjadi karena hasil-hasil tersebut dicapai saat Vietnam masih dipimpin oleh Park Hang Seo.

Saat ini, The Golden Dragon dipandu oleh pelatih baru, Philippe Troussier.

Harapannya, duel perdana antara Shin dan Troussier akan membawa keberuntungan bagi Indonesia.

Tim Garuda juga ditantang untuk mencetak gol ke gawang Vietnam yang dalam lima tahun terakhir sulit ditembus.

Berusaha kasih yang terbaik!

Shin Tae-yong menebar janji manis saat melawan Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2023). Itu setelah skuad Garuda menelan hasil kekalahan 1-3 dari Irak di laga perdana.

Kemenangan memang menjadi harga mati Timnas Indonesia saat melawan Vietnam nanti. Itu supaya skuad Garuda bisa menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memiliki target ke babak tersebut. Kans tim Merah Putih mencapainya cukup terbuka, tapi dengan catatan menang melawan Vietnam.

Shin Tae-yong mengaku sudah mulai mempersiapkan diri untuk pertandingan melawan Vietnam. Ia berjanji Pratama Arhan dan kawan-kawan bermain lebih baik daripada saat bersua Irak.

"Kita kalah vs Irak pada pertandingan pertama di Piala Asia, tetapi kita akan persiapan lebih baik untuk pertandingan berikutnya vs vietnam agar kita dapat meraih kemenangan," kata Shin Tae-yong dilansir dari Instagram miliknya, Rabu (17/1/2024).

Vietnam tentu bukan lawan mudah dikalahkan Timnas Indonesia. Dalam beberapa pertemuan terakhir, tim Merah Putih sering kesusahan menghadapi mereka.

Oleh sebab itu, Timnas Indonesia butuh doa dan dukungan suporter. Seperti apa yang disampaikan penggawa Garuda Shayne Pattynama, dukungan bisa meningkatkan motivasi bermain.

"Kami berharap dukungan terus diberikan oleh suporter. Itu akan memberikan kekuatan tersendiri bagi kami," ujar Shayne Pattynama.

"Kita semua harus tetap berpikiran positif, dengan begitu akan mendapatkan hasil bagus. Tentu kami akan berjuang keras, jangan khawatir, kita tentu akan melakukannya,” pungkasnya.

Saat ini, Timnas Indonesia menduduki posisi keempat klasemen semnetara Grup D dengan 0 poin. Sama seperti Vietnam dengan 0 poin namun menang selisih gol.

Jepang di puncak klasemen dengan 3 poin. Unggul produktivitas gol dari Irak di posisi kedua dengan poin sama.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #data #kegagalan #shin #yong #timnas #indonesia #saat #hadapi #vietnam #apakah #akan #terulang #piala #asia #2023

KOMENTAR