Termasuk Indonesia, 5 Negara Bakal Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Hari Ini
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:30
11 Juni 2024

Termasuk Indonesia, 5 Negara Bakal Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Hari Ini

Berikut lima negara yang pada hari ini bisa memastikan tiket kelolosan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana salah satunya adalah Timnas Indonesia.

Pada hari ini, Selasa (11/6), negara-negara Asia sebagian besar akan melakoni laga terakhir fase grup putaran kedua Piala Dunia 2026 zona Asia.

Laga terakhir fase grup ini pun akan digelar bersamaan, seiring masih adanya perebutan tiket ke putaran ketiga atau putaran terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sejauh ini dari 18 tiket yang tersedia, baru ada 13 negara yang telah memastikan satu tempat ke putaran ketiga kualifikasi ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Terjebak di Padang Pasir, Mampukah Timnas Vietnam Taklukkan Irak dan Cuaca Ekstrem?

Masih ada lima tiket tersisa yang akan diperebutkan oleh 11 negara yang tersebar dari grup A hingga grup I putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Persaingan paling ketat akan terasa di grup A, di mana ada tiga negara yang masih berpotensi merebut satu tiket tersisa, yakni India, Afghanistan, dan Kuwait.

Di sisi lain, empat negara ASEAN yakni Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand juga masih berpeluang lolos tergantung hasil di laga terakhir masing-masing negara.

Dengan adanya lima tiket tersisa yang diperebutkan 11 negara, kira-kira negara mana saja yang bakal lolos ke putaran ketiga? Berikut daftarnya.

1. Timnas Indonesia

Baca Juga: Shin Tae-yong Punya Rekor Apik Saat Hadapi Filipina, Timnas Indonesia Berpeluang Menang?

Timnas Indonesia berpotensi besar merebut satu tiket ke putaran ketiga hari ini andai berhasil meraih kemenangan atas Filipina.

Jikalau Timnas Indonesia imbang atau kalah dari Filipina, skuad Garuda masih berpotensi lolos asal Vietnam tidak menang dari tuan rumah Irak.

Saat ini, Timnas Indonesia duduk di peringkat kedua grup F dengan koleksi tujuh poin, unggul satu poin dari Vietnam yang ada di peringkat ketiga.

2. Thailand

Thailand juga bakal lolos ke putaran ketiga andai hari ini bisa menang dengan skor di atas 2-0 saat menghadapi Singapura di laga terakhir grup B.

Saat ini, Thailand duduk di peringkat ketiga grup B dengan koleksi lima poin, terpaut tiga poin dari China yang menempati peringkat kedua.

Karena China akan menghadapi tim kuat Korea Selatan, Thailand pun hanya butuh menang besar atas Singapura dan memperbaiki selisih golnya yang saat ini minus satu gol.

3. Kirgistan

Bergeser ke grup D, ada Kirgistan yang juga bakal lolos ke putaran ketiga hari ini. Probabilitas negara Asia Tengah itu lolos terbilang amat besar.

Saat ini, Kirgistan duduk di peringkat kedua grup D dengan koleksi 10 poin dan plus enam gol, unggul tiga poin atas Malaysia dengan minus dua gol.

Di laga terakhir grup D, Kirgistan hanya butuh hasil imbang atau kalah 0-1 saja dari Oman dan berharap Malaysia tak bisa menang dengan skor 7-0 atau lebih atas Chinese Taipei.

4. Korea Utara

Korea Utara saat ini duduk di peringkat ketiga grup B, terpaut satu poin dari Suriah yang menempati posisi kedua dengan tujuh poin.

Di laga terakhir grup B, Korea Utara berpotensi menyalip Suriah dan merebut tiket ke putaran ketiga karena akan menghadapi tim lemah, yakni Myanmar.

Di sisi lain, Suriah dirasa sulit untuk menang atau sekadar imbang saat menghadapi Jepang. Alhasil, tiket tersisa di grup B diyakini akan menjadi milik Korea Utara.

5. Kuwait

Dari grup A, masih ada tiga negara yang masih akan berebut tiket ke putaran ketiga untuk menemani Qatar yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu.

Dari tiga negara tersebut, Kuwait yang ada di posisi juru kunci grup A diyakini bakal lolos menemani Qatar ke putaran ketiga.

Pasalnya, Kuwait akan menghadapi Afghanistan, tim yang mereka bantai 4-0 di pertemuan pertama. Sedangkan India harus menghadapi Qatar yang bakal tampil dengan kekuatan penuh.

Kontributor: Felix Indra Jaya  

Editor: Irwan Febri

Tag:  #termasuk #indonesia #negara #bakal #lolos #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #hari

KOMENTAR