Pembagian Pot Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Timnas Indonesia U-20 Terhindar dari Tim Raksasa
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (pssi.org)
10:06
11 Juni 2024

Pembagian Pot Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Timnas Indonesia U-20 Terhindar dari Tim Raksasa

Berdasarkan pembagian pot babak undian grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Timnas Indonesia U-20 dipastikan terhindar dari negara-negara raksasa Asia karena tergabung di pot satu.

Kepastian soal pembagian pot babak undian ini diketahui dari rilis resmi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). AFC merilis pembagian pot untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada Senin (10/6/2024).

Berdasarkan pembagian ini, Timnas Indonesia U-20 berada dalam posisi yang strategis. Ya, skuad asuhan Indra Sjafri bakal menempati pot satu bersama negara-negara elite di Benua Kuning.

Pada pot satu, negara-negara tersebut yakni Uzbekistan, Irak, Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, Yordania, Vietnam, Indonesia, dan Tajikistan. Ini jelas menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

Baca Juga: Hasil Toulon Cup 2024: Timnas Indonesia U-20 Dibantai Jepang 1-4

Sebab, pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang rencananya bergulir pada 21 hingga 29 September 2024 itu, Timnas Indonesia U-20 akan terhindar dari negara-negara yang punya status mentereng.

Namun, jika melihat potensi yang terjadi di pos dua, ancamannya juga masih cukup berbahaya karena terdapat, Arab Saudi, Suriah, Kirgizstan, Oman, Qatar, Thailand, Lebanon, Mongolia, Bahrain, hingga China Taipei.

Berdasarkan jadwal, babak drawing alias undian grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini bakal digelar di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 13 Juni 2024.

Nantinya, total 43 peserta yang bakal berpartisipasi di kualifikasi ini akan terbagi ke dalam 11 grup. Grup A, B, dan C, akan melibatkan lima peserta, sedangkan Grup D hingga J diikuti sebanyak empat peserta.

Jika merujuk jumlah peserta Piala Asia U-20 2025, hanya ada 10 juara grup serta lima runner-up terbaik yang akan lolos ke putaran final. Satu tiket tersisa menjadi milik China yang otomatis lolos karena berstatus sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia U-20 vs Jepang di Toulon Cup 2024: Susunan Pemain hingga Live Streaming

Pembagian Pot Drawing Kualifikasi Piala Asia U-20 2025:

Pot 1: Uzbekistan, Irak, Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, Yordania, Vietnam, Indonesia, Tajikistan.

Pot 2: Arab Saudi, Suriah, Kirgizstan, Oman, Qatar, Thailand, Lebanon, Mongolia, Bahrain, China Taipei.

Pot 3: Malaysia, Bangladesh, Palestina, UEA, Filipina, India, Timor Leste, Myanmar, Singapura, Kamboja.

Pot 4: Kuwait, Turkmenistan, Laos, Bhutan, Hong Kong, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Maladewa, Nepal, Guam.

Pot 5: Kepulauan Mariana Utara, Korea Utara, Makau.

Tuan Rumah: Vietnam, Indonesia, Tajikistan, Arab Saudi, Kirgizstan, Qatar, Thailand, China Taipei, Kuwait, dan Uzbekistan

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pembagian #kualifikasi #piala #asia #2025 #timnas #indonesia #terhindar #dari #raksasa

KOMENTAR