Dua Syarat Timnas Indonesia Lolos jika Terpaksa Imbang Lawan Filipina
Para pemain Timnas Indonesia membuat pagar betis saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
22:12
8 Juni 2024

Dua Syarat Timnas Indonesia Lolos jika Terpaksa Imbang Lawan Filipina

Timnas Indonesia harus memenuhi sejumlah syarat untuk melenggang ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jika harus bermain imbang melawan Filipina, masih ada beberapa skenario yang diharapkan.

Sebagai informasi, nasib kelolosan Timnas Indonesia akan ditentukan saat bertanding melawan Timnas Filipina pada laga pamungkas Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Filipina ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 malam WIB.

Saat ini, Timnas Indonesia masih bertahan di peringkat kedua dengan koleksi tujuh poin dari lima laga. Posisi ini terancam Vietnam yang berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan enam poin. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Janjikan Perubahan Saat Timnas Indonesia Hadapi Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Skuad Merah Putih sebetulnya sudah bisa dipastikan lolos jika sukses menang pada pertandingan ini. Sebab, dengan perolehan 10 poin, jumlah ini sudah tak bisa dikejar oleh Vietnam di peringkat ketiga.

Namun, apabila benar-benar sulit meraih kemenangan dan terpaksa harus bermain imbang melawan Filipina, ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan skuad Merah Putih untuk lolos ke fase berikutnya.

Berikut Suara.com menyajikan sejumlah syarat sebagai skenario kelolosan Timnas Indonesia ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

1. Vietnam Juga Imbang

Jika Timnas Indonesia terpaksa meraih hasil imbang pada pertandingan terakhir melawan Filipina, maka syarat yang dibutuhkan untuk bisa mengamankan peringkat kedua ialah Vietnam bermain imbang melawan Irak.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Timnas Indonesia Lakukan Evaluasi, Ini Komentar Shin Tae-yong

Dengan skenario ini, maka Timnas Indonesia akan tetap berada di peringkat kedua dengan mengoleksi delapan poin dari enam pertandingan, sedangkan Vietnam tertahan di urutan ketiga dengan koleksi tujuh poin.

Jumlah ini sudah cukup untuk mendorong skuad Merah Putih lolos ke Putaran Ketiga. Yang jelas, Vietnam tidak boleh menang melawan Irak saat bermain di Stadion Internasional Basra.

2. Vietnam Kalah

Hasil imbang juga dipastikan memuluskan langkah Rizky Ridho dan kawan-kawan ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia asalkan Vietnam meraih kekalahan melawan Irak pada laga pamungkas Grup F.

Sebab, apabila The Golden Star dipastikan tumbang di markas Irak, maka mereka hanya bisa mengumpulkan enam poin saja dari enam pertandingan, sedangkan Timnas Indonesia yang imbang melawan Filipina meraih delapan poin.

Skenario semacam ini berpotensi terwujud mengingat Irak sangat tangguh, terutama saat bermain di kandang. Di Grup F saja, Singa Mesopotamia sudah menyapu bersih lima pertandingan.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #syarat #timnas #indonesia #lolos #jika #terpaksa #imbang #lawan #filipina

KOMENTAR