Pemain Liga 1 Ramai-ramai Unggah 'IniSepakbolaIndonesia?', Buntut Kuota Asing Bertambah?
Fenomena para pemain lokal Liga 1 ramai-ramai mengunggah foto bertuliskan ''IniSepakbolaIndonesia?''. [Dok. Instagram/@bagaskaffaa]
16:12
8 Juni 2024

Pemain Liga 1 Ramai-ramai Unggah 'IniSepakbolaIndonesia?', Buntut Kuota Asing Bertambah?

Fenomena tak biasa terjadi di media sosial. Para pemain lokal Liga 1 ramai-ramai mengunggah foto bertuliskan "IniSepakbolaIndonesia?" dengan latar belakan hitam.

Gerakan itu muncul dalam unggahan para pemain Liga 1 seperti Ramdani Lestaluhu, Rezaldi Hehanusa, Septian David Maulana, hingga Ricky Fajrin.

Selain mereka, para pemain Timnas Indonesia yakni Bagas Kaffa dan Alfeandra Dewangga juga menggunggah foto serupa.

"Pertanyaan untuk kita semua, apakah ini kompetisi sepakbola Indonesia?" tulis Bagas Kaffa dalam keterangan unggahannya.

Baca Juga: Pelatih Bali United Sudah Kantongi Kandidat Pemain Asing Baru

Para pemain lokal Liga 1, termasuk Bagas Kaffa mengunggah foto bertuliskan Para pemain lokal Liga 1, termasuk Bagas Kaffa mengunggah foto bertuliskan "IniSepakbolaIndonesia?" dengan latar belakan hitam. [Dok. IG/@bagaskaffaa]

Banyak warganet yang mengasumsikan gerakan itu sebagai sikap protes para pemain lokal Liga 1 terkait penambahan jumlah kuota pemain asing dari 5+1 menjadi 6+2.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), melalui Direktur Ferry Paulus sebelumnya memang mengumumkan perubahan aturan terkait kuota pemain asing untuk musim 2024-2025.

Sebelumnya, Liga 1 memiliki aturan kuota pemain asing 5+1 yakni lima pemain asing bebas dan satu pemain asing Asia Tenggara.

Kini, aturan itu berubah menjadi 6+2 di mana setiap klub bisa merekrut enam pemain asing bebas dan dua pemain asing asal Asia.

"Pada Daftar Susunan Pemain (DSP), boleh 6+2 dimasukkan. Akan tetapi starter atau yang berada di lapangan, maksimal 5+1," kata Ferry Paulus dalam laman resmi LIB.

Baca Juga: Cobra Masih Berbisa! Persebaya Surabaya Amankan Jasa Gelandang Enerjiknya

"Itu artinya pemain asing cadangan bisa masuk jika menggantikan pemain asing lain yang diturunkan," tambahnya.

Liga 1 2024-2025 dijadwalkan bakal berlangsung mulai 2 Agustus.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #liga #ramai #ramai #unggah #inisepakbolaindonesia #buntut #kuota #asing #bertambah

KOMENTAR