Timnas Indonesia Dominasi Ball Possession Lawan Irak, Sang Profesor Thom Haye Alasannya
Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye. [Suara.com / Alfian W]
17:48
6 Juni 2024

Timnas Indonesia Dominasi Ball Possession Lawan Irak, Sang Profesor Thom Haye Alasannya

Timnas Indonesia sebagai underdog nyatanya bisa memberikan perlawanan berarti saat menghadapi Irak pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (6/6/2024). Skor 0-0 saat half-time, tim Garuda mendominasi ball possession di babak pertama.

Tak hanya penguasaan bola, Timnas Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong yang tampil dengan kekuatan terbaiknya juga unggul dalam percobaan tembakan, 6 berbanding 2 dengan Irak.

Timnas Indonesia juga mampu mencatatkan shot on target, meski cuma satu, sementara Irak sama sekali tak punya tembakan tepat sasaran di babak pertama pertandingan matchday 5 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta ini.

Untuk penguasaan bola, Timnas Indonesia mendominasi hingga 61 persen ketimbang Irak yang cuma 39 persen.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Irak di SUGBK: Kaum Hawa Tak Kalah Antusias dengan Ultras Garuda

Keberhasilan Timnas Indonesia menguasai pertandingan ini, meski belum mencetak gol, tak lepas dari pengaruh permainan mumpuni gelandang Thom Haye.

Aksi-aksi gelandang sentral berusia 29 tahun itu kerap merepotkan para gelandang dan bek Irak. Umpan-umpan terukur maupun umpan terobosan sang playmaker juga sering membuat repot pertahanan tim tamu.

Menurut data SofaScore, akurasi passing Thom Haye sepanjang paruh pertama hampir mencapai 80 persen, tertinggi di antara pemain lainnya.

Haye juga melakukan 40 sentuhan, bukti aktifnya pemain berjuluk 'Sang Profesor' itu di sepanjang pertandingan.

Tak hanya dalam aspek kreativitas atau menyerang saja, Haye juga ciamik dalam bertahan. Ia memenangi empat duel bola bawah.

Baca Juga: Super Eksplosif, Jordi Amat Pede Timnas Indonesia Bisa Bendung Lini Depan Irak

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #dominasi #ball #possession #lawan #irak #sang #profesor #thom #haye #alasannya

KOMENTAR