Lagi Panas di Timnas Indonesia, Elkan Baggott Bakal Cetak Sejarah di Kasta Tertinggi Liga Inggris
Elkan Baggott saat membela Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Libya (pssi.org)
10:30
5 Juni 2024

Lagi Panas di Timnas Indonesia, Elkan Baggott Bakal Cetak Sejarah di Kasta Tertinggi Liga Inggris

Elkan Baggott, bek Timnas Indonesia, mungkin tak berkesempatan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, ia mendapat kabar gembira dari klubnya di Inggris, Ipswich Town.

Elkan Baggott tak masuk dalam daftar pemain Ipswich Town yang akan dilepas pada bursa transfer musim panas ini.

Artinya, peluangnya untuk tampil di Premier League musim depan terbuka lebar.

Keputusan Shin Tae-yong untuk tak memanggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 cukup mengejutkan.

Baca Juga: Indra Sjafri Ungkap Alasan Timnas Indonesia U-20 Kurang Bagus Hadapi Ukraina Hingga Dikalahkan Tanpa Balas 0-3

Elkan Baggott Saat Bergabung Bersama Pemusatan Latihan Timnas Indonesia. (pssi.org)Elkan Baggott Saat Bergabung Bersama Pemusatan Latihan Timnas Indonesia. (pssi.org)

Pemain berusia 21 tahun ini telah menjadi pilihan utama Shin Tae-yong sejak 2020 dan telah menorehkan 24 caps dan 2 gol.

Meski tak dipanggil Timnas, Elkan Baggott bisa sedikit bernapas lega dengan peluangnya di klub.

Ia tak perlu khawatir kehilangan tempat di Ipswich Town karena klub tak berencana melepasnya.

Peluang Bersejarah di Premier League

Elkan Baggott (pssi.org)Elkan Baggott (pssi.org)

Bersaing dengan empat bek tengah lainnya di Ipswich Town, Elkan Baggott harus berjuang keras untuk mendapatkan tempat utama.

Baca Juga: Wasit 'Pembantai' Korsel Dilaporkan Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Irak

Jika ia berhasil menembus tim utama, ia berpeluang menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang tampil di kasta teratas Liga Inggris.

Tentu, perjalanan Elkan Baggott tak akan mudah.

Ia harus menunjukkan performa terbaiknya dan bersaing ketat dengan rekan-rekan setimnya.

Namun, dengan kerja keras dan dedikasi, Elkan Baggott memiliki peluang untuk mengukir sejarah baru bagi sepak bola Indonesia.

Sebelumnya, Elkan Baggott jadi sorotan setelah tidak dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia mempersiapkan diri untuk dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong mengisyaratkan ada masalah dengan Elkan Baggott setelah sang pemain tidak memenuhi panggil ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi Guinea dalam playoff Olimpiade 2024 bulan lalu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu dua kali menjawab pertanyaan terkait absennya Elkan Baggott dengan meminta awak media untuk menanyakan sendiri kepada yang bersangkutan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir turut membahas polemik Elkan Baggott dan pelatih Shin Tae-yong.

Dia meminta para pemain untuk serius dan sepenuh hati dalam membela skuad Garuda.

Hal itu disampaikan Erick Thohir usai menghadapi laga Timnas Indonesia vs Tanzania di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Erick memberi peringatan tak hanya kepada Elkan Baggott, tetapi seluruh pemain untuk serius membela Timnas Indonesia jika tak ingin terdepak dari skuad.

"Saya harapkan juga pemain harus serius, buat semua ya, bukan hanya buat Elkan [Baggott]," tegas Erick Thohir.

Menurut pria yang juga menjabat Menteri BUMN RI itu, Timnas Indonesia akan tetap melaju andai terdapat pemain yang enggan memenuhi panggilan.

Bahkan, dirinya menegaskan siap mencari pengganti andai para pemain yang ada dalam skuad saat ini, menolak atau tak sungguh-sungguh memperkuat tim Merah Putih.

"Ya mungkin dia (Elkan Baggott) memilih ya kita juga enggak mau maksa, tapi kan tim Indonesia akan jalan terus tanpa siapa pun," kata Erick Thohir.

"Termasuk yang 11 (starter lawan Tanzania) ini, ya kalau enggak mau main, ya kita cari lagi pemain lain yang mau [membela] Merah-Putih," tegasnya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #lagi #panas #timnas #indonesia #elkan #baggott #bakal #cetak #sejarah #kasta #tertinggi #liga #inggris

KOMENTAR