Aturan Berubah, Jay Idzes Bisa Tanpa Hambatan Jadi Orang Indonesia Pertama Tampil di Serie A Italia
Jay Idzes kalungkan bendera Merah Putih saat Venezia resmi promosi. (Instagram/@jayidzes)
09:12
4 Juni 2024

Aturan Berubah, Jay Idzes Bisa Tanpa Hambatan Jadi Orang Indonesia Pertama Tampil di Serie A Italia

Langkah Jay Idzes untuk tampil di Serie A Italia musim depan bisa mulus. Ia bisa menjadi orang Indonesia pertama yang tampil di liga kasta tertinggi Negeri Pizza.

Jay Idzes berhasil mengantarkan timnya Venezia meraih promosi ke Serie A. Kepastian ini didapat setelah mereka mengalahkan Cremonese.

Di leg kedua final playoff, Venezia menang tipis ddengan skor 1-0 atas Cremonese, Senin (3/6/2024) dini hari WIB. Gol semata wayang dicetak oleh Christian Gytkjaer.

Walaupun membantu Venezia naik kasta, masa depan Jay Idzes sempat dipertanyakan. Apalagi dirinya kini berpaspor Indonesia.

Baca Juga: Kenalan dengan 2 Rekan Baru Shin Tae-yong di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Sebelumnya aturan di Serie A hanya memperbolehkan setiap tim meregistrasi dua pemain non Uni Eropa permusim. Jika membeli pemain baru, pemain yang lama harus di depak.

Situasi ini jelas berdampak untuk Jay Idzes yang kini berpaspor Indonesia alias masuk dalam daftar pemain non Uni Eropa.

Akan tetapi, kini Presiden Lega Serie A Lorenzo Casini mengabarkan bahwa mulai musim depan 2024/2025, aturan tersebut berubah.

"Presiden Lega Serie A Lorenzo Casini telah mengonfirmasi bahwa mulai musim 2024-25, akan ada perubahan signifikan pada aturan liga dalam mendaftarkan pemain non Uni Eropa," mengutip dari Football Italia.

"Aturan saat ini menyatakan bahwa klub-klub Serie A diperbolehkan mendaftarkan hingga dua pemain non-UE per musim, salah satunya harus menjadi pengganti pemain non-UE yang keluar."

Baca Juga: Hari Ini Timnas Indonesia U-20 vs Ukraina di Toulon Cup 2024, Cek Jadwal Pertandingan dan Siaran Langsung di Sini

"Namun, mulai musim depan dan seterusnya, tim akan diizinkan untuk mendaftarkan dua pemain non-UE per musim tanpa harus mengganti pemain non-UE yang sudah ada, seperti yang dikonfirmasi Casini pada akhir pertemuan dewan Lega."

Dengan berubahnya aturan tersebut, maka potensi Jay Idzes sebagai orang Indonesia pertama yang main di Serie A Italia sangat besar.

Editor: Arif Budi

Tag:  #aturan #berubah #idzes #bisa #tanpa #hambatan #jadi #orang #indonesia #pertama #tampil #serie #italia

KOMENTAR