Klub Liga Inggris Milik Orang Indonesia Promosi ke Divisi Championship Inggris 2024-2025
Erick Thohir (ANTARA/HO -Erick Thohir)
07:36
19 Mei 2024

Klub Liga Inggris Milik Orang Indonesia Promosi ke Divisi Championship Inggris 2024-2025

Oxford United, klub sepak bola yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia Anindya Bakrie dan Erick Thohir, akhirnya berhasil meraih promosi ke Divisi Championship Inggris musim 2024-2025. Kepastian ini diraih setelah mereka mengalahkan Bolton Wanderers dengan skor 2-0 dalam pertandingan final play-off League One 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu malam.

Kemenangan Oxford United dalam pertandingan tersebut ditentukan oleh dua gol yang dicetak oleh Josh Murphy pada menit ke-31 dan 42. Kedua gol tersebut tak lepas dari assist berharga dari Ruben Rodrigues, seperti yang tercatat dalam laporan resmi pertandingan League One.

Sukses Oxford United promosi ke Divisi Championship, yang merupakan divisi tepat di bawah Premier League (EPL), disambut dengan penuh gembira oleh Erick Thohir.

Pasalnya, pencapaian ini merupakan penantian panjang selama 25 tahun bagi klub tersebut.

"Alhamdulillah, Oxford United memastikan tiket promosi ke Divisi Championship. Gol Josh Murphy membawa Oxford menang 2-0 atas Bolton Wanderers dalam laga final playoff League One di Wembley Stadium, London," kata Erick Thohir yang juga merupakan Ketua Umum PSSI, dalam keterangan tertulisnya pada Minggu dini hari WIB.

Oxford United menjadi tim ketiga yang berhak promosi ke Divisi Championship.

Sebelumnya, Portsmouth dan Derby County sudah lebih dulu menyegel tempat mereka setelah finis sebagai juara dan runner-up klasemen reguler League One 2023/2024.

Klub berjuluk The Yellows ini menempati peringkat ke-5 klasemen League One 2023/2024.

Dengan demikian, mereka berhak tampil di babak playoff bersama tiga tim lain yang berada di posisi 3-6 musim reguler, yaitu Bolton Wanderers, Peterborough United, dan Barnsley.

Babak playoff menggunakan format knockout. Pada babak empat besar, pertandingan dilakukan dalam dua leg, sedangkan babak final dimainkan sekali pertandingan di tempat netral, yaitu Stadion Wembley.

Di babak empat besar play-off, Oxford United berhasil menyingkirkan Peterborough dengan agregat skor 2-1.

Pada leg pertama semifinal, Oxford menang 1-0, dan kemudian bermain imbang 1-1 di leg kedua.

Keberhasilan Oxford United promosi ke Divisi Championship merupakan kabar gembira bagi para penggemar klub di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia terus berkembang dan mampu bersaing di level internasional.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #klub #liga #inggris #milik #orang #indonesia #promosi #divisi #championship #inggris #2024 #2025

KOMENTAR