Eks Wasit BRI Liga 1 Bikin Keputusan Kontroversial di Piala Asia, 'Bantu' Arab Saudi Kalahkan Oman
Wasit Shaun Evans (kiri) berjalan saat para pemain Arab Saudi melakukan selebrasi dalam pertandingan pertama Grup F Piala Asia 2023 antara Arab Saudi vs Oman di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 16 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.
11:30
17 Januari 2024

Eks Wasit BRI Liga 1 Bikin Keputusan Kontroversial di Piala Asia, 'Bantu' Arab Saudi Kalahkan Oman

Mantan wasit BRI Liga 1, Shaun Evans bikin keputusan kontroversial dalam laga Arab Saudi vs Oman di Piala Asia 2023. Kebijakannya secara tak langsung membantu Green Falcons meraih kemenangan.

Shaun Evans, wasit berlisensi FIFA asal Australia, mendapat sorotan karena keputusannya di akhir laga Arab Saudi vs Oman pada matchday pertama Grup F Piala Asia 2023 di Stadion Khalifa, Rabu (17/1/2023) dini hari WIB.

Evans mengubah keputusan dari tidak mengesahkan gol Arab Saudi menjadi sebaliknya pada menit 90+6 setelah melakukan diskusi dengan video assistant referee (VAR).

Arab Saudi berhasil mencetak gol melalui Ali Al Boleahi untuk berbalik unggul 2-1. Namun, Evans membatalkan gol itu setelah mengecek VAR.

Keputusan Evans bikin para pemain Oman senang, sebelum beberapa detik pasca laga kembali berlanjut, sang pengadil kembali meniup peluit dan mengubah keputusannya.

Bek timnas Arab Saudi #05 Ali al-Bulayhi mencetak gol kedua timnya pada pertandingan pertama Grup F Piala Asia 2023 antara Arab Saudi vs Oman di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 16 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Bek timnas Arab Saudi #05 Ali al-Bulayhi mencetak gol kedua timnya pada pertandingan pertama Grup F Piala Asia 2023 antara Arab Saudi vs Oman di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 16 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Eks wasit asing BRI Liga 1 menganggap gol yang dicetak Arab Saudi sah dengan alasan salah menginterpretasikan ulasan VAR. Alhasil, para pemain Oman sempat protes.

Keputusan Evans pun secara tak langsung membantu Arab Saudi meraih poin penuh dalam laga ini setelah dalam prosesnya tertinggal lebih dulu dari Oman.

Arab Saudi kebobolan pada menit ke-14 oleh Salaah Al Yahyaei. Tim asuhan Roberto Mancini baru menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui Abdulrahman Ghareeb sebelum gol kedua dicetak Boleahi jelang laga berakhir.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #wasit #liga #bikin #keputusan #kontroversial #piala #asia #bantu #arab #saudi #kalahkan #oman

KOMENTAR