Timnas Indonesia Salip Ranking FIFA Malaysia, Presiden FAM: Skuad Garuda di Performa Terbaik
Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh di Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
15:12
2 Mei 2024

Timnas Indonesia Salip Ranking FIFA Malaysia, Presiden FAM: Skuad Garuda di Performa Terbaik

Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Hamidin Mohd Amin melayangkan pujian terhadap timnas Indonesia yang sedang dalam performa terbaik.

Timnas Indonesia sukses memperbaiki ranking FIFA pada Maret 2024 lalu. Hal ini berkat dua kemenangan lawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Atas dua kemenangan itu, tim asuhan Shin Tae-yong melesat ke peringkat 134 FIFA. Menariknya skuad Garuda juga menggeser Malaysia.

Sebab, Malaysia harus turun ke posisi 138 FIFA usai mengalami dua kekalahan menghadapi Oman di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Nasib timnasnya berbanding terbalik, Presiden FAM melayangkan pujian terhadap timnas Indonesia yang disebut sedang dalam performa terbaik.

Meski begitu, Hamidin Mohd Amin juga memberikan pembelaan. Ia menyebutkan Harimau Malaya juga pernah dipuji FIFA karena kenaikan ranking FIFA yang drastis setelah Piala Asia 2023.

"Kami mengalami peningkatan dalam transisi peringkat, tapi tentu ada perubahan. Kami pernah kalah, menang, dan tidak boleh terpuruk," ucapnya dikutip dari hmetro.com.my.

"Saat ini timnas Indonesia berada di level terbaik dan performa puncak. Namun tiga bulan lalu FIFA memuji kami sebagai satu tim yang mencatatkkan banyak peningkatan ranking FIFA," sambungnya.

Presiden FAM itu melanjutkan jika Harimau Malaya masih punya kesempatan untuk lolos ke babak tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Asal bisa menang dalam dua laga tersisa melawan Kirgistan dan Taiwan.

Sedangkan timnas Indonesia U-23 punya peluang yang besar melaju ke babak tiga. Syaratnya hanya butuh meraih satu kemenangan lagi agar poinnya tak terkejar Vietnam.

Editor: Arif Budi

Tag:  #timnas #indonesia #salip #ranking #fifa #malaysia #presiden #skuad #garuda #performa #terbaik

KOMENTAR