Liga Spanyol: Stadion Atletico Madrid Dihukum Harus Ditutup karena Hinaan Rasis ke Nico Williams
Penyerang Athletic Bilbao Spanyol Inaki Williams (kanan) menghibur penyerang Nico Williams (tengah) pasca dibekap cedera selama babak perempat final Copa del Rey (Piala Raja) antara Athletic Bilbao vs Real Madrid di stadion San Mames di Bilbao pada 3 Februari 2022. CESAR MANSO/AFP.
06:24
1 Mei 2024

Liga Spanyol: Stadion Atletico Madrid Dihukum Harus Ditutup karena Hinaan Rasis ke Nico Williams

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan untuk menutup sebagian dari Stadion Metropolitano milik Atletico Madrid selama dua pertandingan mendatang di Liga Spanyol. Keputusan ini diambil setelah Nico Williams, pemain sayap Athletic Bilbao, menjadi korban ejekan rasial saat pertandingan di stadion tersebut.

Selama pertandingan tersebut, Nico Williams, yang juga merupakan pemain timnas Spanyol, terdengar menjadi sasaran suara-suara menirukan kera yang mengarah kepadanya, terutama di paruh pertama laga yang berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan Atletico.

Kedua pertandingan Atletico Madrid yang akan terpengaruh oleh penutupan ini adalah saat mereka menjamu Celta Vigo dan Osasuna, di saat klub berusaha keras untuk mengamankan posisi di empat besar klasemen.

“(Atletico telah dijatuhi) sanksi penutupan sebagian arena olahraga mereka untuk periode dua pertandingan dan denda sebesar 20.000 euro,” kata komite kompetisi RFEF dalam pernyataan yang dikutip AFP, dilansir dari Antara.

“Saya ingin melakukan tendangan sudut dan saya mendengar suara-suara kera. Mereka tidak banyak. Terdapat orang bodoh di mana-mana… Saya harap ini dapat berubah sedikit demi sedikit,” kata Williams setelah pertandingan.

Williams mencetak gol setelah mengalami pelecehan rasial, dan merayakannya dengan menunjuk lengannya sebagai gestur yang mengacu pada warna kulitnya.

“(Perayaan itu) dengan sedikit rasa marah, merupakan hal yang tidak normal untuk terhina karena warna kulit Anda,” tambahnya.

Sepak bola Spanyol telah diganggu sejumlah insiden rasial dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar dari pelecehan rasial itu ditujukan kepada penyerang Real Madrid Vinicius Junior.

Penyerang internasional Brazil itu mendapat dukungan dari berbagai penjuru dunia setelah bertikai dengan penggemar yang mengejeknya di kandang Valencia, Stadion Mestalla, pada tahun lalu. Saat itu, Valencia juga disanksi penutupan sebagian area stadion.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #liga #spanyol #stadion #atletico #madrid #dihukum #harus #ditutup #karena #hinaan #rasis #nico #williams

KOMENTAR