5 Fakta Menarik Jelang PSG vs Barcelona di Liga Champions, Reuni Xavi dan Luis Enrique
Pelatih kepala Paris Saint-Germain asal Spanyol Luis Enrique bereaksi selama pertandingan sepak bola L1 Prancis antara AS Monaco dan Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Louis II (Stade Louis II) di Kerajaan Monaco pada 1 Maret 2024. Valery HACHE / AFP
00:24
11 April 2024

5 Fakta Menarik Jelang PSG vs Barcelona di Liga Champions, Reuni Xavi dan Luis Enrique

PSG akan menjamu Barcelona pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2023/2024. Berikut fakta - fakta menarik jelang PSG vs Barcelona di Parc des Princes, Kamis (11/4/2024) dini hari WIB.

Barcelona melaju ke babak perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Napoli dengan agregat 4-2. Sementara PSG mengeliminasi wakil Spanyol lainnya Real Sociedad dengan agregat 4-1.

Duel PSG melawan Barcelona menjadi laga emosional bagi dua sosok ini. Mereka adalah Luis Enrique, mantan pelatih Barcelona periode 2014-2017 dan Ousmane Dembele yang sebelumnya memperkuat Barcelona dari 2017 hingga 2023.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez menghadiri konferensi pers jelang laga Liga Champions kontra Napoli di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Italia. [Carlo Hermann / AFP]Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez menghadiri konferensi pers jelang laga Liga Champions kontra Napoli di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Italia. [Carlo Hermann / AFP]

Laga ini juga menjadi reuni Xavi Hernandez dan Luis Enrique. Keduanya sama-sama bermain di Barcelona pada rentang 1998 hingga 2004. Saat Luis Enrique melatih Barcelona pada 2014-2017, Xavi hanya semusim dibesutnya.

Barcelona tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir (M8 S3 K0), tapi PSG lebih fantastis. Namun PSG lebih konsisten setelah tak tersentuh kekalahan dalam 27 laga terkini (M19 S8 K0).

Berikut fakta - fakta menarik jelang PSG vs Barcelona di Liga Champions:

1. Barcelona dan PSG sama-sama memenangkan empat pertandingan dari 12 pertemuan keduanya di Liga Champions UEFA.

2. Terakhir kali kedua tim bertemu di babak 16 besar musim 2020/21, PSG lah yang berhasil melewati babak tersebut dengan skor agregat 5-2.

3. Kedua tim telah saling berhadapan di babak fase gugur Liga Champions sebanyak lima kali. Barcelona telah melaju ke tahap berikutnya sebanyak tiga kali sementara PSG melakukannya dua kali.

4. Raksasa Catalan hanya kalah dalam tiga pertandingan tandang dengan selisih empat gol di Eropa dan salah satu kekalahan tersebut terjadi di tangan PSG pada tahun 2017.

5. Kekalahan terberat PSG di Eropa terjadi di tangan Barcelona ketika mereka kalah 6-1 pada tahun 2017 ketika Luis Enrique, manajer PSG saat ini, memimpin raksasa Catalan.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #fakta #menarik #jelang #barcelona #liga #champions #reuni #xavi #luis #enrique

KOMENTAR