Hokky Caraka Gabung Timnas Indonesia U-23, PSS Sleman Akui Dirugikan dalam Lanjutan BRI Liga 1
Striker Timnas Indonesia, Hokky Caraka diperingatkan oleh wasit pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 21 November 2024. [BAY ISMOYO / AFP]
16:48
7 April 2024

Hokky Caraka Gabung Timnas Indonesia U-23, PSS Sleman Akui Dirugikan dalam Lanjutan BRI Liga 1

PSS Sleman mengakui alami kerugian dalam lanjutan BRI Liga 1 usai melepas Hokky Caraka yang gabung ke timnas Indonesia U-23. Sebab, striker Gunungkidul ini disebut pemain penting dalam klub.

BRI Liga 1 2023/2024 sebelumnya mengumumkan kompetisi akan dijeda untuk mendukung timnas Indonesia U-23 yang tampil di Piala Asia U-23 2024.

Pihak klub akhirnya melepaskan pemain yang mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong ke skuad Garuda Muda.

Akan terapi, PT LIB belum lama ini memutuskan bahwa BRI Liga 1 dilanjutkan mulai 15 April atau bertepatan dengan laga perdana Piala Asia U-23 2024.

Salah satu klub yang sedang berjuang dari degradasi, PSS Sleman akhirnya merespons. Tim berjuluk Super Elang Jawa mengakui bahwa mereka kehilangan pemainnya yang dilepas ke Garuda Muda.

Adalah Hokky Caraka yang dipanggil Shin Tae-yong. PSS menegaskan mereka sejatinya membutuhkan striker muda ini untuk berjuang lolos dari zona degradasi.

“Bagi saya, hal terpenting dan tersulit adalah kehilangan pemain penting. Hokky bagi kami adalah pemain penting, dia bermain di setiap pertandingan, dia selalu masuk sebelas pertama," ucap Risto Vidakovic dinukil dari laman resmi klub.

"Untuk tim lain, beberapa tim memiliki pemain tim nasional, mereka memiliki lebih dari satu tetapi mereka tidak memperjuangkan apa-apa di pekan-pekan terakhir kompetisi. Kami masih berjuang untuk lolos dari degradasi," sambungnya.

Maka dari itu, tanpa Hokky Caraka, juru taktik PSS mengaku bahwa timnya akan kehilangan banyak.

Bahkan ia pun tidak memahami dengan keputusan yang diambil. Pasalnya Piala Asia U-23 2024 tidak masuk kalender resmi FIFA.

“Begitu juga keputusan-keputusan seperti itu yang tidak dapat saya pahami karena ini tidak masuk dalam agenda FIFA. Saya pikir pada kasus ini harus berpikir proporsional. Pada kasus ini masa depan klub lebih penting daripada Timnas U23,” ujar Risto.

“Keputusan sudah dibuat, kami harus menerimanya karena tidak bisa mengubahnya. Kami harus maju menghadapi permasalahan ini. Saat ini tim berjuang dalam beberapa pertandingan yang sangat penting. Kami memiliki dua pertandingan kandang dan wajib mendapatkan tiga poin,” pungkasnya.

Editor: Arif Budi

Tag:  #hokky #caraka #gabung #timnas #indonesia #sleman #akui #dirugikan #dalam #lanjutan #liga

KOMENTAR