14 Pemain Timnas Indonesia Senior yang Tampil di Piala Asia U-23 2024, Rizky Ridho hingga Pratama Arhan
Skuat timnas Indonesia U-23 yang akan turun di Piala Asia U-23 2023 (pssi.org)
12:12
2 April 2024

14 Pemain Timnas Indonesia Senior yang Tampil di Piala Asia U-23 2024, Rizky Ridho hingga Pratama Arhan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tampaknya bisa merasa lega karena mendapat bantuan dari pemain-pemain andalannya di Timnas senior untuk menghadapi Piala Asia U-23 2024.

Pasalnya, dari total 28 nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23, separuh di antaranya sudah berstatus sebagai penggawa skuad Merah Putih di level senior.

Dengan kata lain, separuh materi pemain dari skuad Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024 ini merupakan sosok-sosok berpengalaman yang sudah pernah mengukir jam terbang di timnas senior.

Shin Tae-yong pun merasa senang dengan hal tersebut. Karena, keputusan PSSI menunda BRI Liga 1 2023/2024 bisa membuat timnya tampil dengan kekuatan penuh untuk menghadapi kejuaraan ini.

"Dengan adanya dukungan (dari PSSI) dengan memberhentikan Liga 1, pak Ketua Umum (Erick Thohir) berpesan agar kita harus berprestasi lebih baik di Piala Asia U-23 ini," kata Shin Tae-yong.

“Di tengah-tengah liga memang sulit ya untuk klub melepas pemain, tapi begitu dilepas saya berpikir harus berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan sepak bola Indonesia lebih baik dari sekarang,” lanjutnya.

Jika melihat nama-nama yang ada, beberapa pemain di antaranya memang sempat tampil bersama Timnas Indonesia pada dua pertandingan melawan Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Di sektor penjaga gawang ialah Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya) dan Adi Satryo (PSIS Semarang. Lalu, ada bek-bek andalan seperti Rizky Ridho (Persija Jakarta), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Pratama Arhan (Suwon FC), hingga Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen).

Komposisi pemain tengah juga tak kalah mentereng karena memunculkan pemain-pemain muda seperti  Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (FC Utrecht), hingga Witan Sulaeman (Bhayangkara FC).

Adapun pos lini depan diperkuat pemain-pemain muda yang jadi andalan Timnas senior seperti Hokky Caraka (PSS Sleman), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Ramadhan Sananta (Persis Solo).

Berikut Suara.com menyajikan daftar lengkap pemain yang sebelumnya memperkuat Timnas senior yang kini kembali dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024.

1. Ernando Ari

2. Adi Satryo

3. Rizky Ridho

4. Justin Hubner

5. Nathan Tjoe-A-On

6. Pratama Arhan

7. Ivar Jenner

8. Witan Sulaeman

9. Marselino Ferdinan

10. Rafael Struick

11. Ramadhan Sananta 

12. Hokky Caraka

13. Muhammad Ferarri

14. Arkhan Fikri .

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #senior #yang #tampil #piala #asia #2024 #rizky #ridho #hingga #pratama #arhan

KOMENTAR