3 Negara ASEAN yang Berpeluang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
16:30
28 Maret 2024

3 Negara ASEAN yang Berpeluang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Asia Tenggara berpeluang mengirim tiga negara ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, termasuk salah satunya Timnas Indonesia.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ada enam wakil Asia Tenggara yang turut berlaga, ambil bagian pada putaran kedua babak kualifikasi yang sedang berlangsung.

Keenam negara Asia Tenggara yang dimaksud antara lain, Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura, Malaysia dan Filipina.

Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menyisakan dua laga sisa setelah empat laga dilalui, tiga negara di atas berpeluang lanjut ke putaran selanjutnya.

Tak hanya berpeluang lolos ke putaran ketiga, tiga negara tersebut juga berpeluang menyegel satu tempat di Piala Asia 2027.

Meski masih membutuhkan usaha ekstra untuk bisa mengamankan dua tiket tersebut, lantas negara mana saja yang dimaksud? berikut di antaranya.

1. Thailand

Thailand baru saja menelan kekalahan telak saat menjamu Korea Selatan di Bangkok, skuad Gajah Perang dibantai 0-3 oleh Taeguk Warriors.

Meski begitu, Thailand saat ini sudah mengoleksi empat poin dan hanya terpaut tiga poin dari China yang duduk di peringkat kedua.

Thailand hanya butuh satu kemenangan atau tiga poin untuk memastikan berada di batas akhir tim yang lolos ke babak selanjutnya.

Untuk mengamankan hal itu Thailand harus bisa mengalahkan China saat bertandang pada 6 Jun 2024 mendatang.

Sebelum menghadapi Singapura di laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

2. Malaysia

Usai menelan kekalahan dari Oman, Malaysia duduk di peringkat ketiga klasemen sementara Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Harimau Malaya mengoleksi 6 poin, tertinggal tiga angka dari Kirgistan dan Oman yang duduk di peringkat kedua dan ketiga.

Malaysia berpeluang lolos ke putaran selanjutnya jika mampu menahan imbang Kirgistan di pertemuan berikutnya pada Juni mendatang.

Selain itu Malaysia juga diprediksi menang atas Taiwan di laga terakhir putaran kedua kualifikasi ini dengan berharap Kirgistan kalah dari Oman di kandang.

3. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia baru saja mengamankan 6 poin hasil kemenangan atas Vietnam dalam dua laga beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad Garuda saat ini mengoleksi 7 poin, unggul empat angka dari Vietnam di peringkat ketiga dan enam poin dari Filipina di dasar klasemen.

Tim besutan Shin Tae-yong hanya memerlukan satu kemenangan untuk memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dengan dua laga tersisa melawan Irak dan Filipina, kedua pertandingan ini digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Juni 2024.

Jika melihat performa Timnas Indonesia saat ini, kemungkinan mengamankan kemenangan dalam dua laga sisa tersebut bisa diraih.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #asean #yang #berpeluang #lolos #babak #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR