Perbedaan Kecil Bikin Media Vietnam Marah, Timnas Indonesia Jadi Sorotan di Hanoi
Latihan perdana timnas Indonesia pada Sabtu (23/3/2024) di lapangan komplek Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. (ANTARA/Ho/PSSI)
09:12
25 Maret 2024

Perbedaan Kecil Bikin Media Vietnam Marah, Timnas Indonesia Jadi Sorotan di Hanoi

Keputusan pelatih Shin Tae-yong untuk menggelar latihan tertutup pasca kedatangan Timnas Indonesia di Hanoi pada Sabtu (23/4/2024) lalu dipermasalahkan oleh media Vietnam.

Salah satu media Negeri Nasi, Soha, menyoroti perbedaan yang didapatkan Timnas Indonesia dan Vietnam saat masing-masing bertandang ke markas lawan.

Menurut Soha, Timnas Indonesia mendapat keuntungan lantaran bisa menjalani latihan tertutup beberapa jam pasca menginjakkan kaki di Hanoi akhir pekan lalu.

Latihan yang digunakan sebagai pemulihan dari jet lag pasca menjalani penerbangan dari Jakarta ke Hanoi itu dilaporkan berlangsung pada pukul 18.30 waktu setempat.

Namun, media Vietnam tidak bisa melakukan liputan. Shin Tae-yong memutuskan untuk menjalani latihan secara tertutup.

"Sesi latihan tim Indonesia seluruhnya merupakan sesi tertutup.Media hanya dapat bekerja selama waktu yang ditentukan pada sesi latihan resmi tim pada 25 Maret," tulis Soha dikutip pada Senin (25/3/2024).

Para Pemain Timnas Vietnam foto bersama sebelum pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Para Pemain Timnas Vietnam foto bersama sebelum pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Keputusan STY itu membuat Soha membandingkan situasinya dengan Timnas Vietnam saat bertandang ke Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 Maret lalu.

Saat itu, mereka mengklaim pelatih Philippe Troussier tidak punya pilihan untuk menggelar latihan secara terbuka karena The Golden Star Warriors disebut mendapat tempat latihan yang begitu terbuka dan bisa disaksikan oleh umum.

"Di Indonesia pekan lalu, tim Vietnam punya alasan untuk mengeluh ketika mereka diatur untuk berlatih di lapangan sepak bola yang kurang privasi," tulis Soha.

"Siapapun yang berdiri di luar pagar dapat mengamati seluruh sesi latihan yang diatur oleh Philippe Troussier."

Timnas Vietnam akan menjamu Timnas Indonesia dalam matchday keempat Grup F. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #perbedaan #kecil #bikin #media #vietnam #marah #timnas #indonesia #jadi #sorotan #hanoi

KOMENTAR