Profil Duong Vu Lam, Eks Waketum Federasi Vietnam yang Peringatkan Naturalisasi Timnas Indonesia
Duong Vu Lam, eks Waketum VFF. (Dok. Tuoitre.vn)
16:48
23 Maret 2024

Profil Duong Vu Lam, Eks Waketum Federasi Vietnam yang Peringatkan Naturalisasi Timnas Indonesia

Salah satu petinggi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Duong Vu Lam, angkat bicara soal proses naturalisasi yang dilakukan timnas Indonesia.

Program naturalisasi memang sedang gencar dilakukan oleh PSSI dalam beberapa tahun terakhir. Terbaru Thom Haye hingga Ragnar Oratmangoen jadi pemain keturunan terbaru yang jadi WNI.

Menyoal kondisi ini, Duong Vu Lam, menilai proyek naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI justru bisa melemahkan Timnas Indonesia.

Bagi eks Wakil Ketua VFF itu, hal yang paling mencolok adalah soal spirit yang dimiliki para pemain naturalisasi dan pemain lokal.

Menurut Vu Lam, semangat juang para pemain naturalisasi dalam membela Timnas Indonesia tidak akan sebesar para pemain lokal.

"Sebenarnya, pemain naturalisasi Indonesia juga membuat Indonesia menjadi lebih lemah.Saya merasa elemen kebangsaan dan semangat Tim Indonesia saat ini tidak sekuat beberapa tahun yang lalu,” kata Vu Lam dilansir Bongda.

"Pemain lokal Indonesia bermain jauh lebih antusias," jelas Van Lam.

Lantas, siapa sebetulnya Duong Vu Lam?

Menilik dari sejarah sepak bola Vietnam, Duong Vu Lam merupakan sosok lama di federasi sepak bola Vietnam.

Ia sudah berada di jajaran pengurus VFF sejak 1997. Saat itu ia sudah menjabat sebagai Wakil Sekjen VFF dari edisi 1997-2001.

Duong Vu Lam kembali menjabat posisi serupa pada periode kepengurusan 2001-2005. Pada edisi 2005-2009, Vu Lam cuma menjabat jajaran Exco VFF, tapi pada 2007 ia ditunjuk menjadi Wakil Ketua VFF.

Hingga kepengurusan federasi pada 2014-2018, Duong Vu Lam masih menjabat sebagai salah satu anggota Exco VFF.

Kemudian pada kepengurusan terbaru VFF, Duong Vu Lam mengemban tugas berbeda setelah ditunjuk sebagai Koordinator Futsal VFF.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #duong #waketum #federasi #vietnam #yang #peringatkan #naturalisasi #timnas #indonesia

KOMENTAR