Sindiran Timnas Indonesia Rasa Belanda Berbuntut Panjang, Federasi Vietnam Hapus Komentar Do Duy Manh!
Bek Timnas Vietnam, Do Duy Manh (Kanan) dan Doan Van Hau (Kiri). (Instagram/duymanh2909)
18:12
15 Maret 2024

Sindiran Timnas Indonesia Rasa Belanda Berbuntut Panjang, Federasi Vietnam Hapus Komentar Do Duy Manh!

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) telah menghapus pernyataan yang bek tim nasional mereka, Do Duy Manh soal Timnas Indonesia di laman resmi mereka.

Do Duy Manh sebelumnya menyampaikan komentar bernada sindiran dengan menyebut Timnas Indonesia rasa Belanda karena banyak diperkuat pemain naturalisasi.

Dalam komentarnya, sang pemain menyebut Timnas Indonesia diperkuat 11 pemain naturalisasi, meski pada kenyataannya hanya delapan.

Merujuk daftar 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, memang terdapat 10 pemain keturunan tetapi hanya sembilan yang berstatus naturalisasi.

Elkan Baggott diketahui menjadi WNI dengan cara memilih saat usianya belum mencapai 21 tahun. Sementara untuk Marc Klok, sang pemain dikabarkan cedera dan sepertinya tak dibawa Shin Tae-yong ke laga kontra Vietnam.

Alhasil, hanya delapan pemain berstatus naturalisasi yang ada di tubuh Timnas Indonesia saat ini dengan tujuh diantaranya lahir di Belanda.

Setelah menuai banyak reaksi khususnya dari publik Indonesia, pernyataan kontroversial dalam artikel VFF berjudul "Bek Do Duy Manh: Dengan Kesatuan, Saya Percaya Vietnam Akan Mendapatkan Hasil Baik" yang dipublikasikan pada 11 Maret 2024 akhirnya dihapus.

Komentar Awal Do Duy Manh

Bek sentral Timnas Vietnam, Do Duy Manh (kiri). [Nhac NGUYEN / AFP]Bek sentral Timnas Vietnam, Do Duy Manh (kiri). [Nhac NGUYEN / AFP]

"Saya melihat di media bahwa Timnas Indonesia telah menaturalisasi sebelas pemain. Mereka memiliki sejumlah pemain yang bermain di luar negeri dan memiliki kemampuan yang bagus," ungkap Do Duy Manh.

"Sebelumnya, Timnas Indonesia memang bukan lawan yang mudah. Mereka memiliki gaya permainan yang agresif dan penuh semangat. Sekarang, mereka membawa banyak pemain naturalisasi," lanjutnya.

"Kadang-kadang kami bercanda, tidak tahu apakah kami akan bermain melawan Timnas Belanda atau Timnas Indonesia. Tetapi, kami di Vietnam juga memiliki pemain berkualitas," tambahnya.

"Kami tidak merasa takut untuk bermain melawan Timnas Indonesia yang telah melakukan naturalisasi. Kekhawatiran bukanlah hal yang ada dalam pikiran setiap pemain," jelas pemain yang sudah mengoleksi 31 caps untuk Timnas Vietnam.

Revisi dari Federasi Sepak Bola Vietnam

"Dari laporan media, saya mengetahui bahwa Timnas Indonesia telah menaturalisasi hingga sebelas pemain. Mereka kini memiliki banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan keterampilan yang sangat baik," ungkap Do Duy Manh.

"Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah dikenal sebagai lawan yang sulit. Mereka bermain dengan semangat dan tekun," tambahnya.

"Dengan naturalisasi yang begitu besar, Vietnam juga memiliki pemain-pemain berkualitas. Kami tidak merasa takut menghadapi Timnas Indonesia karena keputusan naturalisasi mereka. Kekhawatiran bukanlah hal yang ada dalam pikiran setiap pemain," jelas pemain berusia 26 tahun ini.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sindiran #timnas #indonesia #rasa #belanda #berbuntut #panjang #federasi #vietnam #hapus #komentar #manh

KOMENTAR