Dokumen Naturalisasi Baru Diteken Ketua DPR RI, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Justru Sudah Pulang Belanda
Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih jalani proses naturalisasi, tapi namanya sudah masuk ke timnas Indonesia. (Kolase Instagram @0ratmangoen dan @thomhaye)
00:42
14 Maret 2024

Dokumen Naturalisasi Baru Diteken Ketua DPR RI, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Justru Sudah Pulang Belanda

PSSI mengungkapkan bahwa dokumen dua pemain keturunan, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye sudah ditanda tangani Ketua DPR RI, Puan Maharani. Namun, mereka justru sudah balik ke Belanda.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye tiba di Indonesia, Senin (11/3/2024). Nathan Tjoe-A-On juga pergi bersama keduanya.

Menariknya setibanya di Indonesia, Nathan Tjoe-A-On langsung disumpah WNI karena sudah menerima Keppres. Beda dengan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang masih menunggu proses.

Meski begitu, Ragnar dan Haye malah gagal disumpah WNI. Mereka disebut balik terbang ke Belanda pada Selasa (12/3/2024) malam.

Setelah kedua pemain ini pulang ke Belanda, PSSI justru mengabarkan bahwa Ketua DPR RI telah menandatangani dokumen Ragnar dan Haye.

‘’PSSI juga mengucapkan Terima kasih kepada Komisi X dan III DPR yang selama ini selalu membantu PSSI terkait program naturalisasi. Terima kasih juga kepada Ketua DPR, Puan Maharani yang telah menandatangani permohonan pewarganegaraan ini,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dinukil dari laman resmi.

Artinya PSSI masih harus melanjutkan proses naturaliasi sesuai aturan yang berlaku. Ragnar dan Haye harus kembali lagi ke Indonesia untuk menjalani sumpah WNI.

Maka dari itu, kedua pemain bisa absen ketika timnas Indonesia melawan Vietnam. Mereka berpotensi debut ketika skuad Garuda tampil lagi pada Juni mendatang.

Editor: Arif Budi

Tag:  #dokumen #naturalisasi #baru #diteken #ketua #ragnar #oratmangoen #thom #haye #justru #sudah #pulang #belanda

KOMENTAR