Profil Ragnar Oratmangoen, Pemain Keturunan Muslim yang Jalani Awal Puasa Ramadan di Indonesia
Ragnar Oratmangoen, pemain keturunan Indonesia yang baru cetak hattrick di Liga divisi dua Belanda. (Twitter/@SCCambuurLwd)
12:00
12 Maret 2024

Profil Ragnar Oratmangoen, Pemain Keturunan Muslim yang Jalani Awal Puasa Ramadan di Indonesia

Striker kasta teratas Liga Belanda (Eredivisie) Fortuna Sittard, Ragnar Oratmangoen tengah berada di Indonesia. Dia pun dipastikan menjalani awal ibadah puasa Ramadan tahun ini di Indonesia.

Lewat media sosial Instagram, Ragnar Oratmangoen juga menunjukkan suka cita menyambut awal Ramadan tahun ini yang akan berlangsung berbeda karena dilaksanakan di tanah leluhurnya.

Ragnar Oratmangoen berada di Indonesia untuk menyelesaikan tahap naturalisasi. Terkini, dia selangkah lagi bakal menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Penyerang 26 tahun itu saat ini tinggal menjalani sumpah WNI untuk menyelesaikan proses naturalisasinya. Selepas itu, PSSI akan memproses perubahan asosiasinya dari KNVB (Belanda) ke PSSI agar sang pemain bisa membela Timnas Indonesia.

Meski sudah berada di Indonesia bersama satu pemain keturunan lain yakni Thom Haye, belum diketahui kapan Ragnar Oratmangoen bakal menjalani sumpah WNI.

Di sisi lain, satu pemain naturalisasi yakni Nathan Tjoe-A-On sudah menjalani sumpah WNI pada Senin (11/3/2024).

Ragnar Oratmangoen dan Erick Thohir (Twitter/erickthohir)Ragnar Oratmangoen dan Erick Thohir (Twitter/erickthohir)

PSSI diharapkan mempercepat proses tersebut andai menginginkan ia dan Thom Haye tampil bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada akhir Maret mendatang.

Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On telah dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Pendaftaran pemain untuk turnamen tersebut kabarnya akan ditutup pada 13 Maret mendatang.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi tentang kapan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye akan menjalani sumpah kewarganegaraan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, menyatakan bahwa keduanya hingga kini belum menjalani sumpah WNI.

"(Ragnar oratmangoen dan Thom Haye) belum," ujar Ibnu.

Profil Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen lahir di Oss, Belanda, pada 21 Januari 1998, dan memulai karir sepak bolanya dengan bermain untuk beberapa klub sejak masa mudanya.

Pada awalnya, Oratmangoen berlatih di Top Soss Youth, klub sepak bola lokal di kota kelahirannya.

Pada pertengahan tahun 2008, saat berusia 10 tahun, ia pindah ke NEC Nicmegen Youth dan menempuh berbagai tingkatan usia di akademi klub tersebut.

Setelah menjalani beberapa tahun di NEC Nijmegen, Oratmangoen kembali ke klub lamanya, FC Oss, pada 2018 dengan status pinjaman.

Setelah pengalaman kembali ke NEC Nijmegen, ia kemudian pindah ke SC Cambuur, klub kasta kedua Liga Belanda, dengan status bebas transfer pada 2019.

Pemain keturunan Indonesia, Ragnar Oratmangoen (kiri) dalam sebuah laga bersama Fortuna Sittard (instagram/@0ratmangoen)Pemain keturunan Indonesia, Ragnar Oratmangoen (kiri) dalam sebuah laga bersama Fortuna Sittard (instagram/@0ratmangoen)

Oratmangoen membela SC Cambuur selama dua musim sebelum bergabung dengan Go Ahead Eagles, klub Eredivisie, pada Juli 2021.

Musim 2022 melihatnya pindah ke FC Groningen, kasta kedua Liga Belanda, dan pada awal musim 2023, ia dipinjamkan ke Fortuna Sittard, klub kasta tertinggi Liga Belanda.

Dengan postur tinggi 180 cm, Oratmangoen memiliki kemampuan bermain di beberapa posisi, termasuk sebagai penyerang tengah, sayap kanan, sayap kiri, dan gelandang serang.

Keberadaannya di Timnas Indonesia diharapkan dapat menambah variasi dan kekuatan dalam lini serang, terutama dalam duel udara dengan bek lawan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #profil #ragnar #oratmangoen #pemain #keturunan #muslim #yang #jalani #awal #puasa #ramadan #indonesia

KOMENTAR