Membedah Langkah Timnas Indonesia untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
Potret pemain timnas Indonesia usai menjalani sesi training center (instagram/sandywalsh)
04:36
13 Januari 2024

Membedah Langkah Timnas Indonesia untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah merancang strategi untuk membawa timnya melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Meskipun Timnas Indonesia berada dalam Grup D yang dianggap berat di mana garuda dinilai cuma punya peluang kecil untuk lolos, Shin Tae-yong tetap optimis.

hin Tae-yong yakin dapat mengambil langkah-langkah tertentu yang memungkinkan timnya meraih kemenangan dan melaju ke babak selanjutnya. Bagaimana detail skenarionya?

Meraih Satu Imbang dan Satu Kemenangan

Shin Tae-yong menatap optimis fase grup Piala Asia 2023 (pssi.org)Shin Tae-yong menatap optimis fase grup Piala Asia 2023 (pssi.org)

Shin Tae-yong menegaskan targetnya, yaitu membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar, sambil mengungkapkan bahwa dia telah merancang skenario untuk mencapai tujuan tersebut.

"Saya berharap bisa meraih setidaknya satu hasil imbang dan satu kemenangan dalam babak penyisihan grup. Vietnam harus dikalahkan, dan Irak setidaknya harus meraih hasil imbang," ungkapnya kepada Sports Seoul.

Timnas Indonesia berencana untuk menang atas Vietnam dan berusaha keras untuk menahan imbang Irak, sebelum tampil lepas kontra Jepang.

Skenario itu diharapkan Shin Tae-yong bisa menempatkan skuad Garuda untuk lolos ke fase knock-out setidaknya lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Dia menyadari bahwa Jepang berada pada level yang berbeda, namun dengan percaya diri, ia menyatakan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan punya peluang untuk memberi kejutan.

"Ini tidak akan mudah, tapi saya berencana mengusik mereka. Saya rasa kita bisa membuat kejutan jika kita tidak melakukan kesalahan sendiri," ujarnya.

Kesalahan Sendiri Harus Diminimalisir

Para pemain Timnas Indonesia saat berlatih (pssi.org)Para pemain Timnas Indonesia saat berlatih (pssi.org)

Selama uji coba menjelang Piala Asia 2023 melawan Libya dan Iran, Timnas Indonesia sering kali terjebak dalam kesalahan, mengakibatkan serangkaian kekalahan.

Shin Tae-yong berharap agar di Qatar, timnya dapat menghindari kesalahan tersebut, membuka peluang lebih besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia diketahui takluk 0-4 dan 1-2 dari Libya dalam laga uji coba di Turki pada 2 dan 5 Januari lalu, sebelum dihajar Iran lima gol tanpa balas pada 9 Januari di Doha, Qatar.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #membedah #langkah #timnas #indonesia #untuk #lolos #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR