Bung Kus Kasih 'Peringatan' Soal Kualitas Rumput Stadion GBK Jelang Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam
Stadion Gelora Bung Karno (GBK). (Antara)
08:24
7 Maret 2024

Bung Kus Kasih 'Peringatan' Soal Kualitas Rumput Stadion GBK Jelang Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam

Timnas Indonesia akan menyambut Vietnam pada matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno. Kondisi lapangan diharapkan berada dalam kondisi optimal untuk mendukung performa maksimal Skuad Garuda.

Beberapa waktu lalu, ketika Timnas Indonesia U-20 mengadakan uji coba melawan Thailand, kondisi rumput lapangan jauh dari ideal.

Rumput di stadion termegah Indonesia tersebut tidak menarik, terlihat kering di beberapa bagian.

Bung Kus atau Mohamad Kusnaeni, seorang pengamat sepak bola, menegaskan pentingnya memiliki kualitas rumput yang baik dalam pertandingan sepak bola, terutama pada level internasional seperti kualifikasi Piala Dunia.

“Kualitas lapangan sebagai arena pertandingan memiliki peran yang sangat penting dalam sepak bola. Terutama pada pertandingan berstandar internasional yang diatur oleh FIFA Matchday, standar tinggi terkait kualitas lapangan menjadi suatu keharusan," ungkap Bung Kus, sapaan akrab untuk Mohamad Kusnaeni.

"Peran kualitas lapangan sebagai tempat pertandingan sangat krusial dalam dunia sepak bola, terutama saat menghadapi standar internasional yang diatur oleh FIFA Matchday. Standar tinggi terkait kualitas lapangan menjadi suatu keharusan," ungkap Bung Kus, sebutan akrab untuk Mohamad Kusnaeni.

Bung Kus juga memberikan peringatan terhadap elemen-elemen lain di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Namun, jangan lupakan aspek lainnya, seperti kesiapan infrastruktur penunjang. Termasuk bangku penonton, fasilitas sanitasi, dan pagar pemisah antar tribun."

"Ingatlah, pertandingan nanti akan menarik puluhan ribu suporter fanatik timnas. Kesiapan fasilitas pendukung, kenyamanan, dan keamanan pertandingan seharusnya tak dianggap remeh. Semua harus dipersiapkan dengan serius, seiring dengan perhatian kita terhadap kualitas lapangan," tegas Kusnaeni.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #bung #kasih #peringatan #soal #kualitas #rumput #stadion #jelang #laga #timnas #indonesia #vietnam

KOMENTAR