Biar Dikasih Pemain Klub Liga 1, Coach Justin Minta Shin Tae-yong Lakukan Hal di Luar Urusan Lapangan Ini
Andjas Asmara, mantan pemain nasional era 70-an serukan pemecatan Shin Tae-yong (pssi.org)
10:12
2 Maret 2024

Biar Dikasih Pemain Klub Liga 1, Coach Justin Minta Shin Tae-yong Lakukan Hal di Luar Urusan Lapangan Ini

Pengamat Sepak Bola Coach Justin mengusulkan strategi kepada Shin Tae-yong untuk memfasilitasi pemain Liga 1 agar dapat berkompetisi untuk Timnas Indonesia. Hal ini mengemuka mengingat partisipasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia U23 yang akan diselenggarakan di Qatar pada bulan April 2024.

Timnas Indonesia dihadapkan pada tantangan berat dalam grup A bersama dengan tim-tim kuat seperti Qatar, Australia, dan Yordania di Piala Asia U23. Di samping itu, Shin Tae-yong memiliki target dari PSSI untuk membawa Timnas Indonesia mencapai babak semifinal turnamen tersebut.

"Kita ini di Asia dan Shin Tae-yong orang Asia. Karakter Asia itu masih lengket dalam arti silaturahmi, sopan santun. Itu bisa difasilitasi oleh PSSI, saling kenal lah kan lebih enak," kata Coach Justin dikutip dari kanal YouTube-nya

Prestasi di Piala Asia U23 memiliki konsekuensi besar karena jika Timnas Indonesia berhasil mencapai babak semifinal, mereka berpeluang untuk berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong perlu memanggil pemain muda yang berpengalaman untuk mencapai target tersebut.

Panggilan Shin Tae-yong kepada pemain andalannya seperti Elkan Baggott, Rizky Ridho, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Marselino Ferdinan tidak selalu diterima dengan baik oleh klub-klub pemain tersebut. Banyak pelatih baik di dalam maupun di luar negeri yang menolak melepaskan pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Alasan penolakan ini beragam, mulai dari kepentingan klub di kompetisi domestik hingga tidak adanya kewajiban resmi dari FIFA untuk melepaskan pemain pada Piala Asia U23.

Misalnya, klub-klub seperti Borneo FC tengah membidik gelar juara Liga 1, sehingga mempertahankan pemainnya menjadi prioritas.

Keadaan ini menciptakan ketegangan antara Shin Tae-yong, para pelatih klub, dan PSSI. Dalam mengatasi masalah ini, Justinus Lhaksana, seorang ahli sepak bola senior, menyarankan agar Shin Tae-yong membangun hubungan yang baik dengan para pelatih klub Liga 1.

Coach Justin juga mengharapkan inisiatif dari pihak Shin Tae-yong maupun pelatih klub untuk saling mendekati dan mencari solusi bersama. Dengan demikian, diharapkan keterlibatan pemain Liga 1 dalam Timnas Indonesia dapat terwujud untuk mendukung prestasi di Piala Asia U23.

Timnas Indonesia sendiri akan menghadapi tuan rumah Qatar pada pertandingan pembuka Piala Asia U23 yang dijadwalkan pada tanggal 15 April 2024 mendatang.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #biar #dikasih #pemain #klub #liga #coach #justin #minta #shin #yong #lakukan #luar #urusan #lapangan

KOMENTAR