Hari Sumpah Pemuda 2024: Megawati Hangestri, Pemain Voli Muda Indonesia asal Jember yang Sukses Taklukkan Liga Korea
Megawati Hangestri saat tampil membela Jawa Timur dalam laga semifinal voli putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 melawan DKI Jakarta, Rabu (18/9) di GOR Sumut Sport Center, Deli Serdang. (KONI Jatim)
06:39
28 Oktober 2024

Hari Sumpah Pemuda 2024: Megawati Hangestri, Pemain Voli Muda Indonesia asal Jember yang Sukses Taklukkan Liga Korea

Megawati Hangestri Pertiwi, pevoli putri andalan Indonesia, kembali membuat bangga tanah air dengan kiprahnya di liga voli internasional.

Di momen Hari Sumpah Pemuda 2024, nama Megawati kian dikenal luas sebagai pemain berkualitas yang mampu bersaing di level global. Terutama setelah tampil gemilang bersama Daejeon Red Sparks di Liga V-Korea Selatan 2023–2024.

Sosok yang akrab disapa "Megatron" ini mengawali kariernya di Surabaya Bank Jatim pada 2015. Berkat kerja keras dan tekad kuatnya, Mega tak butuh waktu lama untuk memikat perhatian klub-klub besar di dalam maupun luar negeri.

Sejak bergabung dengan Daejeon Red Sparks di Korea, Megawati langsung menjadi salah satu bintang. Ia sukses mengantarkan timnya finis di peringkat ketiga, baik di musim reguler maupun babak playoff. Bahkan, Megawati menyabet gelar MVP Putaran I.

Performa apiknya di V-Korea bukan hanya prestasi pribadi, tapi juga membuka mata dunia akan potensi besar atlet voli Indonesia.

Megawati berharap pengalaman bermain di liga internasional bisa diikuti oleh pevoli muda lainnya demi meningkatkan kualitas voli Indonesia di kancah global.

Dalam pandangan pevoli kelahiran Jember, Jawa Timur, itu, pemain voli Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang tak kalah dari negara-negara lain.

Namun, menurut dia, pengalaman bertanding di luar negeri dan menghadapi tim-tim tangguh akan membuat para pemain bisa berkembang lebih pesat dan kompetitif.

“Tidak ada yg tidak mungkin,” ujar Megawati Hangestri menjadi penyemangat untuk generasi penerus bangsa.

Dengan seringnya bertemu tim dari negara unggulan, Mega yakin level permainan timnas Indonesia akan meningkat dan bisa berbicara lebih banyak di kejuaraan Asia maupun dunia.

Berbekal tinggi 185 cm dengan spike mencapai 280 cm, Megawati terus membuktikan dirinya sebagai pemain yang mengandalkan kekuatan dan akurasi pukulan.

Perannya sebagai outside hitter dan opposite spiker di klub maupun timnas membuat Mega selalu menjadi ancaman bagi lawan di setiap kompetisi yang ia ikuti.

Selain performa tim, Mega juga kerap meraih penghargaan individu. Termasuk best scorer di Kualifikasi Olimpiade Asia 2020 dan MVP di Liga Korea.

Pengakuan sebagai Best Server di ASEAN Grand Prix 2019 dan Proliga 2022 juga membuktikan konsistensi Megawati dalam permainan.

Berkarier di liga internasional memberikan Mega banyak pelajaran berharga, terutama terkait profesionalisme dan disiplin.

Ia berharap banyak pemain muda Indonesia yang mengikuti jejaknya untuk bisa bermain di liga luar negeri agar lebih siap menghadapi turnamen internasional.

Pada tahun 2024 ini, Mega sempat kembali ke Jakarta BIN di Proliga dan kemudian kembali lagi ke Korea Selatan. Itu menunjukkan komitmennya untuk terus mengasah diri baik di dalam maupun luar negeri.

Keinginannya jelas, melihat voli putri dan putra Indonesia semakin mendapat perhatian setara, baik dari PBVSI maupun pemerintah.

Sejumlah prestasi juga diraih Mega selama membela tim nasional. Mulai dari runner-up Proliga hingga peringkat ketiga di ASEAN Grand Prix dan Asian Challenge Cup.

Dengan dedikasi yang tak pernah surut, Megawati terus menambah pengalaman demi membanggakan nama Indonesia.

Dalam momen Sumpah Pemuda ini, Megawati mengajak generasi muda untuk terus mengejar mimpi dan berani menembus batas.

"Jangan pernah iri dengan apa yang aku capai, karena aku tidak pernah iri dengan apa yang orang lain capai, karena hanya orang bodoh yang berfikir seperti itu.”

“Dan sesuatu yang sudah tertakar tidak akan pernah tertukar. Dan hidup kamu tidak akan pernah bahagia jika kamu mengukur kebahagiaan milik orang lain. Jadi mari bersyukur dengan apa yang kamu miliki tanpa iri dari hasil orang lain," ujarnya memotivasi generasi penerus bangsa.

Megawati juga yakin voli Indonesia akan semakin diakui di kancah internasional bila atlet mudanya terus fokus kepada peningkatan kualitas dirinya sendiri.

 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #hari #sumpah #pemuda #2024 #megawati #hangestri #pemain #voli #muda #indonesia #asal #jember #yang #sukses #taklukkan #liga #korea

KOMENTAR