Timnas Indonesia Kian Dekat Punya Kiper Naturalisasi, Keputusan Akhir Ada di Shin Tae-yong
Cyrus Margono selangkah lagi menjadi WNI. (Instagram/@cmargono)
20:18
29 Februari 2024

Timnas Indonesia Kian Dekat Punya Kiper Naturalisasi, Keputusan Akhir Ada di Shin Tae-yong

Timnas Indonesia kian dekat memiliki kiper berstatus naturalisasi setelah proses perubahan kewarganegaraan Cyrus Margono yang hampir rampung. Meski demikian, semua keputusan akan berada di tangan pelatih Shin Tae-yong.

Kabar proses naturalisasi Cyrus Margono bakal segera rampung disampaikan langsung oleh sang pemain melalui unggahan di Instagram Stories.

Kiper 22 tahun yang memiliki paspor Amerika Serikat itu menjelaskan bahwa berkas naturalisasinya kini sudah sampai Sekretariat Negara (Setneg).

"Saya senang mengabarkan bahwa proses saya hampir selesai. Sudah beberapa minggu sejak dokumen saya sampai di Setneg, dan kita sudah dekat,” tulis Cyrus Margono dikutip Suara.com pada Kamis (29/2/2024).

“Terima kasih banyak kepada Pak Hamdan Hamedan atas dukungannya setiap hari! Saya sangat menantikan saat saya bisa menerima identitas Indonesia saya lagi, InsyaAllah,” tambahnya.

Cyrus Margono memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Johan. Ayahnya adalah orang Indonesia asli yang menikah dengan wanita Persia tetapi berdiam di Amerika Serikat.

Unggahan Instagram Stories kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono. [Dok. IG/@cmargono]Unggahan Instagram Stories kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono. [Dok. IG/@cmargono]

Saat ini, Cyrus bermain untuk klub kasta kedua Liga Yunani, Panathinaikos B. Kontraknya diketahui akan berakhir pada 30 Juni 2024.

Meski sebentar lagi berstatus WNI, tidak ada jaminan Cyrus bakal menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia. Pasanya, dia dinaturalisasi atas keinginan sendiri alih-alih rekomendasi Shin Tae-yong.

Terlepas dari situasi tersebut, keberadaan Cyrus tetap menjadi hal positif bagi Timnas Indonesia yang kini memiliki lebih banyak opsi di pos penjaga gawang.

PSSI sendiri tengah berusaha menaturalisasi kiper Major League Soccer (MLS), FC Dallas, Maarten Paes.

Proses perubahan kewarganegaraan kiper 25 tahun itu tengah berjalan, tetapi terdapat satu isu yang membuatnya terancam tak bisa membela Timnas Indonesia meski berstatus WNI karena terganjal salah satu aturan FIFA soal perubahan asosiasi.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #kian #dekat #punya #kiper #naturalisasi #keputusan #akhir #shin #yong

KOMENTAR