Tak Seperti Persija, Alasan Barito Putera Mau Lepas Banyak Pemain ke Timnas Indonesia U-23
Selebrasi para pemain Barito Putera di laga melawan Persib Bandung (ligaindonesiabaru.com)
12:36
26 Pebruari 2024

Tak Seperti Persija, Alasan Barito Putera Mau Lepas Banyak Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, telah berkomitmen untuk melepas pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

Meskipun polemik seputar pemanggilan pemain ke skuad Garuda Muda sempat menjadi sorotan, beberapa tim Liga 1 mengutarakan keberatannya karena kompetisi tetap berlanjut selama Piala Asia U-23 2024.

Beberapa klub, termasuk Persija, memilih menahan pemain mereka, mengingat kompetisi ini tidak termasuk dalam jadwal resmi FIFA

Namun, sikap berbeda justru ditunjukkan oleh Laskar Antasari.

1. Negara di Atas Segalanya

Rahmad Darmawan menyatakan bahwa Barito Putera akan memberikan dukungan penuh terhadap kepentingan timnas.

Terlebih lagi, hal ini sesuai dengan instruksi dari pimpinan klub untuk memberikan prioritas kepada timnas. Barito Putera siap melepas pemainnya saat dibutuhkan oleh Shin Tae-yong.

"Tujuan utama dalam pembentukan Barito ini, selalu disampaikan oleh pemilik klub kepada seluruh anggota tim, yaitu untuk mendukung kepentingan nasional, khususnya timnas."

"Kami berkomitmen untuk memberikan segalanya yang diperlukan dalam upaya ini," ujar Rahmad Darmawan, sebagaimana dilansir melalui kanal YouTube resmi Barito Putera.

2. Tujuan Dibentuk Barito Putera Adalah untuk Mengumpulkan Pemain Terbaik

Dalam penjelasannya, mantan pemain timnas Indonesia menambahkan bahwa Barito Putera dibentuk dengan tujuan untuk mengumpulkan para pemain terbaik di Indonesia.

Program pengiriman pemain ke timnas dianggap sebagai salah satu inisiatif utama yang harus terus dijalankan oleh klub. Hal ini diperkuat oleh pemahaman bahwa mencapai puncak karier sebagai pemain adalah ketika dapat membela negara.

"Dahulu, Barito memiliki nama Persinus yang merupakan singkatan dari Persatuan Sepak Bola Nusantara."

"Tujuan utamanya adalah menyatukan semua elemen pemain dari berbagai daerah, dengan maksud untuk bersama-sama mewakili nusantara."

"Ketika kita bicara tentang Nusantara, kita berbicara tentang Indonesia," tegasnya.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #seperti #persija #alasan #barito #putera #lepas #banyak #pemain #timnas #indonesia

KOMENTAR