10 Pemain BRI Liga 1 yang Berpotensi Absen Perkuat Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Makin Pusing
Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho (kiri) tampil pada laga Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]
18:06
24 Pebruari 2024

10 Pemain BRI Liga 1 yang Berpotensi Absen Perkuat Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Makin Pusing

Berikut deretan pemain di BRI Liga 1 2023/2024 yang berpotensi absen membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong kembali menemui kendala terkait pemanggilan pemain saat memimpin Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 pada April 2024 mendatang.

Kendala ini didapatkan usai beberapa klub enggan melepas para pemainnya dengan alasan ajang tersebut tak masuk kalender FIFA.

Selain karena tak masuk dalam kalender FIFA, beberapa klub menahan pemainnya karena tengah dihadapkan pada jadwal padat di kancah domestik.

Belakangan penolakan ini makin gencar dilakukan, terutama oleh klub-klub Liga 1. Persija Jakarta menjadi klub pertama yang menolak pemanggilan pemainnya di tengah kompetisi.

Persija menolak karena masih berusaha memperbaiki posisinya di klasemen Liga 1 agar bisa masuk empat besar dan bermain di Championship Series.

Lalu penolakan dari Persija juga diikuti oleh Borneo FC yang juga tengah bersaing memperebutkan gelar juara serta bertarung di Championship Series Liga 1 2023/2024.

Tak hanya Persija dan Borneo FC, ada pula PSS Sleman yang enggan melepas pemainnya karena tengah berjuang keluar dari zona degradasi.

Meski banyak penolakan yang datang, ada pula klub Liga 1 yang sudah berkomitmen melepas pemainya, salah satunya adalah Bhayangkara FC.

Tim berjuluk The Guardian itu dipastikan akan melepas dua pemainnya ke Timnas U-23 yakni Witan Sulaeman dan Titan Agung.

COO Bhayangkara FC yang juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, telah memastikan keduanya akan bergabung Timnas U-23, meski klubnya saat ini tengah terjerembab di zona merah.

Terlepas dari keputusan Bhayangkara FC yang rela melepas pemainnya, tetap saja tiga klub Liga 1 lainnya yang menolak melepas pemainnya menjadi batu sandungan bagi Shin Tae-yong.

Sebab, tiga klub yang menolak yakni Persija, Borneo FC, dan PSS Sleman, setidaknya menyumbang total 10 pemain ke Timnas Indonesia U-23.

Terlebih lagi, 10 pemain tersebut merupakan para pemain yang menjadi andalan Shin Tae-yong, baik di level kelompok umur maupun senior.

Lantas, siapa saja 10 pemain dari tiga klub Liga 1 yang berpotensi absen membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024? Berikut daftarnya.

Persija Jakarta:

- Rizky Ridho
- Muhammad Ferarri
- Rio Fahmi
- Dony Tri Pamungkas
- Rayhan Hannan

Borneo FC:

- Daffa Fasya
- Fajar Fathurrahman
- Komang Teguh Trisnanda
- Muhammad Taufany

PSS Sleman:

- Hokky Caraka

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #liga #yang #berpotensi #absen #perkuat #timnas #indonesia #shin #yong #makin #pusing

KOMENTAR