Terapkan Disiplin Ketat, Nova Arianto Tak Segan Coret Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Melanggar
Nova Arianto saat melatih Timnas Indonesia U-16 (pssi.org)
11:12
22 Februari 2024

Terapkan Disiplin Ketat, Nova Arianto Tak Segan Coret Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Melanggar

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto menerapkan pola kedisiplinan yang sangat ketat dalam metode kepemimpinannya sebagai pelatih. Ia tidak segan-segan mencoret pemain yang melanggar aturan yang sudah disepakati.

Sekadar informasi, Nova Arianto memang sudah ditunjuk buat menangani Timnas Indonesia U-16. Ada kejuaraan yang menanti yaitu Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17.

Saat ini, Nova Arianto sedang melakukan seleksi pemain di Jakarta. Ada tiga gelompang di masing-masing tahapan berlangsung tiga hari.

Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto (pssi.org)Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto (pssi.org)

Dalam proses seleksi ini, para pemain sudah ditanamkan kedisiplinan. Salah satu aturan yang harus dipatuhi adalah dilarang telat dalam melakukan kegiatan seperti saat makan siang.

"Saya juga tekankan kepada mereka masalah kedisiplinan karena tadi ada pemain yang telat datang makan siang,” kata Nova dilansir dari laman PSSI, Kamis (22/2/2024).

"Aturan ini diterapkan dengan ketat karena memang tidak bagus apabila ada pemain yang telat. Untuk itu, dengan adanya aturan ini, pemain-pemain muda diharapkan bisa menerapkan kedisiplinan sejak dini," jelasnya.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu mengatakan bahwa aturan ini diterapkan dengan ketat karena memang tidak bagus apabila ada pemain yang telat. Apalagi, pemain-pemain ini masih muda agar terbiasa disiplin.

"Dengan begitu, para pemain akan terbiasa hingga dewasa nanti," sambung mantan pemain Persib Bandung itu.

Tidak ragu-ragu, Nova mengancam mencoret pemain jika ada yang melanggar aturan. Baginya, pemain muda khususnya sudah di tim nasional harus mengerti aturan.

“Itu tidak baik. Di usia muda kalau tidak disiplin itu susah," ucap Nova.

“Jadi saya pastikan kalau dia melakukan lagi, bisa-bisa dia kami pulangkan,” pungkas sosok yang juga membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #terapkan #disiplin #ketat #nova #arianto #segan #coret #pemain #timnas #indonesia #yang #melanggar

KOMENTAR